Tebing Setinggi 4 Meter di Girijaya Cidahu Sukabumi Longsor, Begini Kronologisnya !

Redaksi
Selasa, 13 September 2022 | 19:21 WIB Last Updated 2022-09-13T21:36:04Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Akibat hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Cidahu mengakibatkan tebing setinggi 4 Meter longsor dan menutupi akses jalan tepatnya di Kampung Cidadap 02/02, Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (13/09/2022).

Informasi dihimpun terbit.id, bencana alam tersebut terjadi sekitar pukul 16.30 WIB, saat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur mengakibatkan tebing setinggi empat meter longsor. Material longsoran berupa tanah menutupi akses jalan desa penghubung dua Kecamatan. 

Kepala Desa Girinaya dan Babinkamtibmas bersama warga setempat mengevakuasi material longsoran yang sempat menutup jalan. 


Warga setempat Oben (56 tahun) mengaku kaget mendengar suara gemuruh ambruknya tebing yang tidak jauh dari rumahnya. 


"Kebetulan saya dan keluarga sedang berada di dalam rumah pada saat itu secara tiba-tiba terdengar suara ambruk pas dilihat ternyata tebing di depan rumah ambruk," ujar Oben, Selasa (13/09/2022).


Tak lama kemudian warga setempat berbondong-bondong mendatangi tempat kejadian untuk mengevakuasi tanah longsor yang menutupi akses jalan penghubung antara Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu dan Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug.


"Akibat dari longsor tersebut halaman depan rumah saya hampir terkikis habis," ungkapnya.


Kepala Desa Girijaya Dindin Saripudin mengatakan, akibat hujan deras hari ini dua bencana terjadi di Desa Girijaya yang pertama longsor di Kampung Cidadap 02/02 dan banjir di Kampung Cidadap 05/01, Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu akibat luapan sungai kecil.


"Alhamdulilah masyarakat bergerak dan bergotong royong membersihkan retuntuhan tanah longsor yang menutupi akses jalan," imbuhnya.


"Saya menghimbau kepada masyarakat khususnya warga Desa Girijaya agar tetap waspada mengingat cuaca saat ini ekstrim dan semoga kita semua dijauhkan dari marabahaya," Pungkasnya. (Mhail)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tebing Setinggi 4 Meter di Girijaya Cidahu Sukabumi Longsor, Begini Kronologisnya !

Trending Now

Iklan