Ratusan Personel TNI Polri Diterjunkan, Jaga SPBU di Kota Sukabumi Pasca Kenaikan BBM

Redaksi
Sabtu, 03 September 2022 | 19:50 WIB Last Updated 2022-09-03T14:59:10Z
Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sy. Zainal Abidin saat Melakukan Pemantauan di SPBU Tipar, Pasca Kenaikan Harga BBM.Sabtu (3/9/2022).
Foto : Boy. 


TERBIT.ID | Sukabumi - Pasca pemerintah mengumumkan kenaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite, solar, dan pertamax. Ratusan aparat TNI, Polri melakukan pengamanan di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat, untuk mengantisipasi lonjakan antrian warga yang membeli BBM, Sabtu (3/9/2022).

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sy. Zainal Abidin, mengatakan sempat terjadi antrean yang mengular di sejumlah SPBU di wilayah hukumnya, seperti di SPBU Ciaul dan SPBU Tipar menjelang detik-detik kenaikan, namun tidak terlalu panjang.

"Dari pantauan kami mulai dari tadi diumumkan sampai saat ini situasi masih aman terkendali kondusif. Sempat terjadi lonjakan antrean tadi menjelang kenaikan harga pada pukul 14.30 WIB," ujar Zainal kepada wartawan, di sela-sela pemantauannya di SPBU Tipar.

Pengamanan di seluruh SPBU akan terus dilakukan selama beberapa hari ke depan. Maka dari itu, kata Zainal, pihaknya sudah mempersiapkan 200 personel gabungan dari jajaran TNI/Polri.

"Jumlah personel yang kami kerahkan untuk pengamanan di SPBU, kami mengerahkan sejumlah 200 personel, dimana 100 personel nya itu dari kami yang sudah standby di masing-masing SPBU, kemudian 50 personelnya juga dari kami, tapi untuk melakukan patroli bersama. Sementara 50 personelnya dari jajaran TNI," jelasnya.

Pengamanpun bukan hanya di SPBU, Zainal menyebut, kantor Pertamina yang ada di Kota SUkabumi juga turut diberikan pengamanan untuk mengantisipasi adanya gelombang penolakan dari masyarakat.

"Ya, tadi (kantor Pertamina) menjadi salah satu objek yang kami amankan untuk mengantisipasi hal hal yang tidak kita inginkan," ungkapnya.

Zainal menjelaskan, sejak beberapa hari lalu pihaknya telah mensosialisasikan akan terjadinya kenaikan BBM dalam waktu dekat. Adapun adanya potensi panic buying, menurutnya tidak akan terjadi karena masanya sudah lewat. "Saat patroli ini sudah naik jadi saya pikir untuk Panic Buying sudah lewat masanya," tandasnya.

Sementara itu, Sales Area Manager Pertamina Sukabumi-Cianjur, Zia Ardhi, yang juga memantau di SPBU Tipar Kota Sukabumi, mengatakan ketersediaan BBM untuk seluruh jenis dipastikan sudah tercukupi untuk sepuluh hari ke depan.

"Sejak dua Minggu lalu kita sudah melakukan speed up stock jadi kita sudah ada peningkatan 4 persen baik Solar, Pertalite, Pertamax untuk antisipasi hari ini," singkatnya. (Boy). 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ratusan Personel TNI Polri Diterjunkan, Jaga SPBU di Kota Sukabumi Pasca Kenaikan BBM

Trending Now

Iklan