Cara Menghentikan Malware Seluler di Ponsel Android Anda

TechnoNews
Rabu, 22 Juli 2020 | 08:24 WIB Last Updated 2021-06-12T12:59:17Z
Cara Menghentikan Malware Seluler di Ponsel Android Anda

TERBIT ■ Apakah Anda merasa sudah memiliki malware di perangkat Android atau hanya ingin melindungi diri sendiri, ada beberapa langkah jelas yang bisa Anda ambil.

Pertama, perbarui peranti lunak ponsel Anda. Pakar keamanan secara konsisten memberi peringkat OS saat ini dan aplikasi yang diperbarui sebagai salah satu langkah paling penting yang dapat dilakukan pengguna untuk melindungi perangkat dan akun mereka.

Jika Anda sudah menjalankan malware di ponsel Anda, pembaruan perangkat lunak dari pembuat ponsel Anda - katakanlah Android 10 atau Android 11 yang akan datang - dapat menambal kerentanan dan memotong akses yang dinikmati oleh perangkat lunak berbahaya. Pembaruan juga dapat menjaga malware agar tidak bekerja sejak awal.

Selanjutnya, tinjau izin apa yang dimiliki aplikasi Anda. Apakah aplikasi game memiliki kemampuan untuk mengirim pesan SMS? Itu mungkin tidak perlu dan bisa menjadi bendera merah, kata Bauer. Ingatlah hal ini ketika menginstal aplikasi di masa depan juga.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menginstal aplikasi antivirus. Layanan ini kadang-kadang dapat memperlambat ponsel Anda, dan mereka memang memiliki akses tinggi ke ponsel Anda untuk mengetahui perilaku jahat dan memperingatkan Anda, jadi Anda harus memilih yang Anda percayai. Dan Anda mungkin ingin memilih opsi berbayar jika Anda bisa, baik untuk membuka kunci semua fitur terbaik dan menghindari melihat lebih banyak iklan.

Aplikasi dapat memperingatkan Anda tentang malware di ponsel Anda dan menawarkan layanan pelanggan ketika Anda harus berurusan dengan sesuatu yang jahat. Paling tidak, Anda dapat menggunakan program terkenal seperti Malwarebytes, Norton, Lookout atau Bitdefender untuk memindai perangkat Anda jika Anda merasa sudah menginstal malware.

Terakhir, Anda dapat menyingkirkan atau menghindari aplikasi Android yang diunduh dari toko aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini tidak melalui peninjauan oleh Google dan dapat dengan lebih mudah menyelinap perangkat lunak berbahaya ke telepon Anda.

Google tidak menangkap semuanya, karena laporan tentang aplikasi Android berbahaya dihapus dari acara Play store, tetapi tetap menggunakan Google Play Store - dan memiliki outlet langsung untuk melaporkan masalah yang Anda temui - adalah garis pertahanan lebih lanjut.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cara Menghentikan Malware Seluler di Ponsel Android Anda

Trending Now

Iklan