Aksi OPSI Tanam Pohon di Alun-alun Cicurug Sukabumi Peringati Hari Buruh Internasional Tahun 2024

Redaksi
Rabu, 01 Mei 2024 | 12:19 WIB Last Updated 2024-05-01T05:20:54Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Hari Buruh Internasional atau dikenal dengan May Day. Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) merayakan Hari Buruh Internasional tahun 2024 ini,di isi dengan beberapa kegiatan bertempat di Alun - Alun Masjid Alhuriyyah, Kelurahan/Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (01/05/2024). 

Ketua OPSI Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Jalaludin mengatakan, bahwa dalam kegiatan memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) tahun 2024 ini, OPSI menggelar beberapa kegiatan yang bisa bermanfaat bagi warga masyarakat umum dan pekerja seluruh Indonesia. 

"Bahwa tadi pagi kita sudah melaksanakan kegiatan senam kesegaran jasmani dilanjutkan dengan bersih-bersih di lingkungan sekitar wilayah alun- alun masjid Alhuriyyah," ujarnya kepada terbit.id.


Lanjut ade, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih, selanjutnya dilakukan kegiatan penanaman beberapa pohon di area alun- alun Cicurug kemudian dilanjutkan dengan acara seminar atau sosialisasi dialog publik yang membahas terkait perlindungan jaminan sosial kepada buruh. 

"Nanti Kita undang juga warga masyarakat terkait program jaminan kecelakaan dan kematian untuk pekerja informal, bukan hanya pekerja formal seperti temen-temen di pabrik nanti kita juga akan bahas terkait dengan jaminan sosial bagi masyarakat umum," jelasnya. 

Sementara itu Presiden OPSI Saepul Tavip mengatakan, bahwa biasanya mayday diwarnai dengan aksi dalam menyampaikan aspirasi atau tuntutan sesuai regulasi Undang undang tentang ketenagakerjaan, Akan tetapi kali ini lebih humanis dan sosialis dengan kegiatan positif di lingkungan masyarakat. 

" Iya, bahwa kita ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa gerakan serikat pekerja tidak identik dengan aksi demo mogok kerja dan sebagainya, ada aksi lain yang bisa bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan serta alam yaitu aksi tanam pohon green union movement"ujarnya.

Lanjut Tavip, jadi kegiatan ini untuk menunjukan kepedulian buruh kepada lingkungan, bahwa alam ini harus kita jaga, pohon-pohon itu harus kita tanam sehingga bisa memberikan kehidupan bagi masyarakat luas. 

"Bagi temen-temen para pekerja yang juga membutuhkan udara segar, Oleh sebab itu pada kegiatan mayday kali ini kita isi dengan kegiatan - kegiatan sosial"pungkasnya.

Beberapa agenda kegiatan yang di lakukan oleh OPSI diantaranya:

a. Senam kesegaran jasmani (Healthy Workers) di Alun-alun Kec. Cicurug/ Mesjid Alhuriyah. 

b. Bakti sosial (aksi membersihkan lingkungan-Clean Environment) dari  Alun-alun Kec. Cicurug / Mesjid Alhuriyah ke pertigaan bangbayang, kemudian balik lagi ke Alun-alun Kec. Cicurug. 

c. Tanam pohon (Union Go Green) di Alun-alun Kec. Cicurug / Mesjid Alhuriyah secara simbolis, selanjutnya menuju GOR Devita Sengseng dengan jalan kaki.

d. Sosialisasi Jaminan Sosial (Social Security for Workers) di GOR Devita Sengseng

e. Fun Games di GOR Devita Sengseng

f. Dance & Music di GOR Devita Sengseng

Adapun didalam peringatan MayDay 2024 Sekretariat Daerah OPSI Sukabumi akan juga di hadiri sejumlah anggotanya yang berada di 7 (tujuh) Perusahan diantaranya dari:

a. PT. Woosin (Kec. Cicurug) 
b. PT. HJ. Busana (Kec. Cicurug)
c. PT. PA Global (Kec. Cicurug)
d. PT mulia cemerlang abadi / MCA (Kec. Cicurug)
e. PT. Oro (Kec. Cidahu)
f. PT. HF Kratindeng (Kec. Cidahu)
g. PT. Uril marapuh ( Kec. Parungkuda)



Reporter  : Usep Suherman
Redaktur : Andri Somantri
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Aksi OPSI Tanam Pohon di Alun-alun Cicurug Sukabumi Peringati Hari Buruh Internasional Tahun 2024

Trending Now

Iklan