Bintek Anggota Komisi IV DPR-RI RI Fraksi PKS Slamet Bersama Balai TNGHS Sukabumi

Redaksi
Selasa, 24 Oktober 2023 | 20:08 WIB Last Updated 2023-10-31T19:16:08Z
TERBIT.ID I Sukabumi - Anggota Komisi IV DPR-RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Slamet bersama dengan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Irzal Azhar melaksanakan bimbingan teknis kelompok masyarakat penerima bantuan SPTNW III Sukabumi, di Aula Taman Rekreasi Cimelati, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi,  Jawa BarT, Selasa (24/10/2023). 

Anggota Komisi IV DPR-RI Fraksi PKS Slamet mengatakan, bahwa kegiatan Bimtek hari ini adalah bentuk kepedulian dari Lingkungan Hidup    dan Kehutanan melalui Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) kepada beberapa Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dalam rangka pemberdayaan kelompok Tani Hutan yang ada sekitar TNGHS. 

" kegiatan seperti ini putaran setiap tahunnya selalu ada dan untuk kali ini baru 5 kelompok tani terlebih dahulu, bantuan ini diberikan kepada kelompok tani yang bergerak dalam bidang usaha peternakan yaitu untuk peternak domba,"singkatnya kepada terbit.id.

Sementara itu, Kepala Balai TNGHS, Irzal Azhar mengatakan, dalam rangka pemberian bantuan ekonomi produktif kepada masyarakat di sekitar kawasan  TNGHS bersama Komisi IV DPR-RI yang membawahi bidang Kelautan, Perikanan dan Kehutanan. 

"Bantuan yang di berikan berupa dana sebesar 45 juta yang nantinya sesuai dengan kesepakatan untuk dibelikan domba- domba atau kambing agar dapat dipelihara dengan baik," ujarnya.
 
Lanjut Irzal, bahwa dana 45 juta tersebut di berikan kepada masing- masing Kelompok tani yaitu setiap desa hanya satu kelompok tani dan kelompok tani hutan yang sudah teregister dan berkerjasama dengan TNGHS sebanyak 31 kelompok tani. 

"Selain kelompok tani dalam bidang peternakan sebagian juga ada kelompok tani dalam bidang pertanian  berupa petani sayur- sayuran,"jelasnya.

Menurutnya, bahwa kelompok tani hutan ini secara keseluruhan yang sudah bekerjasama dengan Balai TNGHS sudah melalui bimbingan dan pelatihan, sehingga sesuai dengan tujuan yaitu mengurangi ketergantungan mereka terhadap hutan. 

"Dengan bantuan ini mereka bisa mengembang biakan domba - domba atau kambing tersebut untuk perbaikan ekonomi masyarakat kedepannya," pungkasnya. 


Reporter  : Us
Redaktur : R Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bintek Anggota Komisi IV DPR-RI RI Fraksi PKS Slamet Bersama Balai TNGHS Sukabumi

Trending Now

Iklan