Pemdes Purwasari Cicurug Sukabumi Perbaiki Drainase Jalan Koramil

Redaksi
Jumat, 02 Juni 2023 | 12:51 WIB Last Updated 2023-06-02T05:52:12Z
Perbaikan Drainase Jalan Koramil Cicurug, Jumat (02/06/2023). Foto : Us. 



TERBIT.ID I Sukabumi - Kepala Desa Purwasari Agus Setiagunawan mulai melakukan giat perbaikan saluran air (drainase) sepanjang jalan jalur Koramil Cicurug, tepatnya jalan alternatif koramil, Rw 03,Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (02/06/2023). 


Agus Setiagunawan mengatakan, kondisi rusaknya jalan di jalur alternatif Koramil ini akibat dari adanya pendakalan saluran drainase sehingga debit air saat hujan deras meluap ke jalan tersebut. 


"Iya, kondisi seperti ini sudah sejak lama terjadi dan seringkali diperbaiki namun tidak lama jalan tersebut rusak kembali , bahkan saat ini jalan tersebut rusak dalam kondisi sangat parah," ujarnya kepada terbit.id.


Lanjutnya, permasalahan seperti ini akibat adanya pendangkalan saluran drainase sebab saluran yang digunakan untuk menyalurkan massa air berlebih tidak memadai sehingga meluap kejalan raya. 


"Akibat luapan air tersebut mengakibatkan jalan terkikis air sehingga lama kelamaan jalan menjadi berlubang dan bergelombang sehingga rusak seperti sekarang ini," ungkapnya. 


Menurutnya, dengan adanya kondisi seperti ini, Pemerintah Desa Purwasari berkoordinasi dengan pihak  Desa Nyangkowek, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi serta PT Waskita menyikapi persoalan terkait kondisi jalan alternatif Koramil yang rusak tersebut. 


"Nah, hasil dari usulan masyarakat terkait jalan ini, sehingga sebelum melaksanakan perbaikan jalan, permasalahan drainase di jalur jalan koramil mulai hari ini dilakukan perbaikan sepanjang kurang lebih 300 meter,"bebernya. 


Masih kata agus, bahwa permasalahan utama yang harus diperbaiki adalah saluran drainase nya, ini yang menjadi penyebabnya, karena faktor luapan air yang mengalir ke jalan raya saat hujan terjadi. 


"Alhamdulillah, berkat kerjasama semua pihak baik masyarakat bersama Pemerintah Desa Purwasari dan Desa Nyangkowek kegiatan ini bisa berjalan dengan baik," jelasnya. 


Pihaknya berharap setelah perbaikan saluran drainase ini selesai sehingga bisa mengatasi luapan air ke jalan, secepatnya perbaikan jalan jalur alternatif akan secepatnya dilaksanakan melalui anggaran dari Pemerintah terkait baik dari Dinas PU maupun Dinas Perkim Kabupaten Sukabumi. 


"Saya berharap setelah adanya perbaikan drainase maupun jalan ini, masyarakat harus bisa menjaga dan merawat kebersihan secara bersama- sama,"pungkasnya.




Reporter : Us
Redaktur : R Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemdes Purwasari Cicurug Sukabumi Perbaiki Drainase Jalan Koramil

Trending Now

Iklan