Warga Keluhkan Langkanya Ketersediaan Blanko E-KTP di Sukabumi

Redaksi
Selasa, 30 Mei 2023 | 17:28 WIB Last Updated 2023-05-30T10:29:23Z


TERBIT. ID I Sukabumi - Langkanya blanko E- KTP membuat warga masyarakat mengeluh umumnya di Wilayah Dapil 2 khususnya Kecamatan Cicurug dan Cidahu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Salah seorang SN (19 tahun) warga Kampung Cipanas, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu mengatakan, bahwa dirinya baru pertama kali membuat E- KTP dan ia sengaja datang ke UPTD wilayah Cicurug untuk mengambil hasil E-KTP tersebut. 

"Iya, waktu itu, perekaman sudah dilaksanakan tiga bulan yang lalu, ketika ada perekaman masal yang dilaksanakan di sekolah," ujarnya saat ditemui terbit.id, Selasa,(30/5/2023). 

Lanjutnya, makanya ia datang ke UPTD untuk mengambil E- KTP karena menurut informasi bahwa E-KTP yang punya rekannya sudah selesai di cetak. 

"Namun ketika datang ke UPTD Cicurug ternyata blanko E-KTP persediaannya sedang kosong atau tidak ada," pungkasnya. 

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kependudukan dan Catatan Sipil Cicurug Wawan Sunarwan mengatakan, bahwa ketersedian blanko E- KTP bukannya kosong akan tetapi ketersediaannya terbatas. 

"Iya, jadi bukannya kosong akan tetapi pendistribusian blanko E-KTP dari pusatnya sangatlah minim sekali," ujarnya. 

Lanjut wawan, intinya tidak bisa tercapai antara pendaftaran masyarakat dengan pendistribusian blanko dari pusat tidak seimbang sehingga kebutuhan masyarakat tidak terpenuhi seluruhnya. 

"Ini mungkin hanya keterlambatan  pendistribusian blanko dari pusat saja ,untuk sementara ini bisa menggunakan surat keterangan Bio Data atau KTP Digital (IKD)," Kata dia. 

Menurutnya, ketika di singgung masalah prioritas bahwa semua warga adalah prioritas, namun ketika warga yang sangat urgent membutuhkan seperti warga yang mau kerumah sakit, ibu melahirkan yang sifatnya darurat. 

"Ya, harapannya semua bisa terpenuhi kebutuhan masyarakat terkait blanko E-KTP ini kedepannya," pungkasnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi Amir Hamzah saat dihubungi via Chat WhatsApp menyampaikan, permohonan pelayanan baru dan penerbitan fisik Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) mengalami kendala karena tidak adanya blanko.

"Hari ini kami belum mendapatkan jatah droping blanko dari kementrian atau dari pusat yang sangat terbatas, jadi mohon dimaklumi kondisi kekosongan ini," ujarnya

Pihaknya mengaku akan mendapatkan jatah droping blanko dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) itu sekira pada awal bulan Juni atau di bulan depan.

"Kita akan dapat droping blanko nanti awal bulan ini, itupun kami belum mengetahui berapa jumlahnya, sementara untuk warga kami arah kan untuk mengaktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD)," Pungkasnya.



Reporter : Us
Redaktur : R.Cking.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Keluhkan Langkanya Ketersediaan Blanko E-KTP di Sukabumi

Trending Now

Iklan