-->
  • Jelajahi

    Copyright © TERBIT.ID | BERITA TERBIT HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Health

    Ada Apa? Walikota Sukabumi Dengan BPBD Turun Ke Sungai Cipelang

    TERBIT.ID
    Sabtu, 18 Juni 2022, 19:41 WIB Last Updated 2022-06-18T14:22:40Z


    TERBIT.ID | Sukabumi - Launching aksi Sukabumi Bersih. Walikota Sukabumi Achmad Fahmi dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi bersama dengan ratusan relawan bergotong royong membersihkan sampah di Sungai Cipelang, tepatnya di Simpang Mulut RW 02, Kelurahan Cipanengah, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (18/6/2022). 

    Kegiatan ini dilakukan dalam rangka launching Aksi Sukabumi Bersih. Fahmi mengucapkan terimakasih kepada tim BPBD dan ratusan relawan masyarakat dari berbagai komunitas yang memiliki komitmen untuk bersama-sama menjaga kebersihan di Sungai Cipelang ini. 

    "Mudah-mudahan ikhtiar ini menjadi ajang edukasi untuk masyarakat bagaimana tetap kita menjaga kebersihan sungai. Kita berharap masyarakat semakin tertib dan disiplin dengan kondisi lingkungan sekitar," ujar Fahmi.

    Ia menjelaskan, Sungai Cipelang ini lokasinya berada di perbatasan Kota dan Kabupaten Sukabumi, yakni Kecamatan Lembursitu dengan Kecamatan Gunungguruh, maka untuk mengantisipasi bencana alam, Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi pun sering melakukan koordinasi terkait perihal tersebut. 

    "Koordinasi sering kita lakukan. Karena komunikasi yang terpenting itu bagaimana kemudian kita melakukan aksi bersama. Tampaknya memang perlu kita lakukan komunikasi dalan aksi bersama agar menjaga kebersihan sungai dari hulu ke hilir," jelasnya.

    Fahmi mengimbau kepada masyarakat agar bersama-sama patuhi peraturan yang ada. Pasalnya, sepadan sungai ini terkadang seringkali terjadi musibah karena ketidakdisiplinan masyarakat. "Kita tidak ingin ada musibah atau bencana apapun yang disebabkan ketidakdisiplinan, masyarakat diimbau menjaga sterilisasi sungai ini," tandasnya.

    Dilokasi yang sama, Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Imran Wardhani, mengatakan Aksi Sukabumi Bersih ini merupakan kegiatan yang diinisiasi Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) dengan tujuan unruk mitigasi pencegahan bencana banjir dan longsor. 

    "Ini merupakan inisiasi dari temen-temen FPRB, terhimpun sebanyak 67 komunitas, lembaga, dan relawan kemanusiaan, untuk bertekad mengamankan, menyelamatkan, dan membebaskan Kota Sukabumi dari sampah," ucap Imran 

    Ia menjelaskan, ada sebanyak 132 orang dari berbagai unsur ikut dalam kegiatan ini, mulai dari TNI, Polri, PSDA Provinsi, SKPD, lembaga dan komunitas. Ia juga mengapresiasi masyarakat yang antusias dalam menyambut Aksi Sukabumi Bersih di Sungai Cipelang ini. 

    "Respon masyarakat juga cukup baik dalam menyambut Aksi Sukabumi Bersih di Sungai Cipelang, karena kedepannya mereka lah yang akan menjaga aliran Sungai ini," jelasnya.

    Ia menegaskan, BPBD bersama FPRB berkomitmen akan melaksanakan kegiatan ini secara berkala untuk menangani titik-titik krusial guna mencegah bencana alam di Kota Sukabumi. 

    "Kami akan memetakan aliran sungai mana saja yang masuk ke Sungai Cipelang, dan dari mana saja banyak sampah yang menyumbang ke aliran sungai ini," imbuhnya.

    Imran mengaku, pihaknya ingin membangun kepercayaan masyarakat. Pasalnya jika berbicara kesadaran masyarakat, mereka sudah sadar bahwa membuang sampah sembarangan, terutama ke sungai akan menimbulkan bahaya. 

    "Kami ingin mengembalikan kepercayaan masyarakat di sini, sehingga fungi aliran sungai bisa bermanfaat. Termasuk untuk kegiatan kreasi atau menikmati alam dengan adanya potensi sumber daya air," pungkasnya. (Boy). 
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    KESEHATAN

    +