Apple Akan Hapus Ribuan Game iPhone Ilegal di Cina

TERBIT
Rabu, 24 Juni 2020 | 01:41 WIB Last Updated 2021-06-12T13:00:36Z
Apple Akan Hapus Ribuan Game iPhone Ilegal di Cina

Langkah terbaru Apple mengakhiri praktik tidak resmi yang memungkinkan game mobile untuk dipublikasikan di App Store di Cina, sambil menunggu otorisasi dari regulator negara tersebut.  

TERBIT ■ Pengembang dan penerbit di China telah diberitahu bahwa permainan iOS mereka akan membutuhkan lisensi untuk terus beroperasi mulai Juli 2020.

Tidak ada yang tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghapus semua game yang tidak berlisensi di App Store China begitu perubahan mulai berlaku pada bulan depan.

Apple akan mulai menghapus ribuan game seluler yang tidak mendapat persetujuan pemerintah dari App Store online-nya di Cina bulan depan, menutup celah yang menjadi andalan Rockstar Games selama bertahun-tahun.

Pengembang dan penerbit di China telah diberitahu bahwa permainan iOS mereka akan memerlukan lisensi untuk terus beroperasi mulai Juli, menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini.

Keputusan itu mengakhiri praktik tidak resmi yang memungkinkan game mobile untuk diterbitkan, sambil menunggu otorisasi dari regulator yang bergerak lambat di negara itu.

Ini sampai sekarang telah memungkinkan game seperti Grand Theft Auto, yang penggambarannya yang kejam dari kekerasan tidak akan pernah terjadi dengan sensor Cina, tersedia di dalam perbatasan negara.

Regulator Tiongkok mewajibkan semua video game yang dibayar atau menawarkan pembelian dalam aplikasi untuk dikirimkan untuk ditinjau dan mendapatkan lisensi sebelum dipublikasikan, dan toko aplikasi Android utama telah menegakkan aturan tersebut sejak 2016. Namun, game yang tidak disetujui telah berkembang di platform iPhone Apple.

Tidak jelas mengapa Apple - yang menjadi target berbagai peraturan ketat di masa lalu - belum bergerak secepat toko aplikasi lain di China, yang dimiliki dan dioperasikan oleh raksasa teknologi lokal seperti Alibaba Group Holding dan Xiaomi Corp.

Proses persetujuan terbaru mulai berlaku pada 2019 di tengah kebingungan di antara para pemain industri tentang kecepatan Beijing, yang dikenal dengan ulasan konten berbulan-bulan yang mungkin atau mungkin tidak mengarah pada lisensi monetisasi, akan memproses permintaan.

Untuk bagiannya, Apple telah mulai meningkatkan pengawasan terhadap App Store China-nya, menghapus dua aplikasi podcast awal bulan ini atas permintaan China.

Kembali pada bulan Februari, Apple mengingatkan pengembang iOS di negara itu untuk mendapatkan lisensi untuk judul mereka pada 30 Juni. Tetapi hanya setelah ketidakpastian yang berkepanjangan tentang penegakan hukum, pembuat iPhone secara eksplisit mengatakan kepada penerbit bahwa setiap game tanpa izin setelah batas waktu akan dilarang dan dihapus dari App Store lokal, menurut orang-orang, yang meminta untuk tidak diidentifikasi karena masalah ini tidak bersifat publik.

Tidak ada yang tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghapus semua game yang tidak berlisensi begitu perubahan mulai berlaku. Blog game Cina Gamelook sebelumnya melaporkan penegakan Apple yang akan datang.

Seperti diketahui, China menyumbang sekitar seperlima dari US $ 61 miliar barang digital dan jasa yang dijual melalui App Store Apple pada 2019, menjadikannya pasar terbesar setelah AS, perkiraan Grup Analisis. Apple mengambil potongan 30 persen dari sebagian besar transaksi ini.

Ada sekitar 60.000 game seluler di App Store iOS China yang dibayar atau mengandung pembelian dalam aplikasi, dan setidaknya sepertiga dari mereka tidak memiliki lisensi, menurut perkiraan oleh AppInChina, yang membantu perusahaan lokal dan menerbitkan aplikasi mereka di negara tersebut.

"Perusahaan-perusahaan ini tiba-tiba akan kehilangan semua pendapatan dari apa yang biasanya merupakan pasar terbesar kedua mereka setelah AS," kata CEO AppInChina, Rich Bishop. Perusahaannya menerima tiga kali volume permintaan biasanya tentang lisensi game selama seminggu terakhir, tambahnya.

Upaya baru Apple menggarisbawahi pengetatan pemerintah Cina dalam bermain game. Mengutip kekhawatiran tentang menjamurnya kecanduan di kalangan anak di bawah umur dan penyebaran konten yang menyimpang, regulator sekarang mengadopsi proses peninjauan yang lebih ketat dan lebih lambat daripada sebelum mereka menghentikan sementara semua persetujuan pada 2018 lalu.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Apple Akan Hapus Ribuan Game iPhone Ilegal di Cina

Trending Now

Iklan