Hari ke 2 Pencarian Anak Hanyut di Sungai Cicatih Cibadak Belum Membuahkan Hasil

Redaksi
Senin, 27 Mei 2024 | 22:28 WIB Last Updated 2024-05-27T15:30:02Z


TERBIT.ID, Sukabumi - Hari ke dua pencarian terhadap Satria Jibran Destiawan (14 tahun), korban hanyut di aliran Sungai Cicatih tepatnya di Kampung Tenjojaya RT 03/01, Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Tim SAR gabungan belum menemukan tanda-tanda.

Informasi dihimpun terbit.id, Tim SAR gabungan menghentikan sementara pencarian remaja yang hanyut dilakukan karena hari sudah mulai gelap, yang mengurangi visibilitas petugas di lapangan, pada Senin (27/5/2025) sekitar pukul 17.00 WIB, dan akan dilanjutkan kembali besok pagi.

Koordinator Pos SAR Basarnas Sukabumi Suryo Adianto mengatakan, upaya pencarian dihentikan sementara hingga dilanjutkan ke pemantauan dan evaluasi.

"Operasi akan dilaksanakan selama tujuh hari, jika sampai sore tidak ketemu kita hentikan sementara, untuk besok dilakukan kembali," ujarnya.

Suryo menyatakan, tim telah melaksanakan brifing pergerakan unsur pada hari kedua pencarian. Upaya pencarian ini melibatkan puluhan relawan yang dibagi menjadi empat Search And Rescue Unit (SRU).

"SRU I melakukan pencarian menggunakan perahu rafting sejauh 5 kilometer. Sementara SRU II melakukan pencarian visual darat sejauh 7 kilometer," katanya.

"Selain itu, SRU III melakukan pencarian menggunakan Aqua eye sejauh 500 meter dan SRU IV melakukan pencarian menggunakan drone sejauh 200 meter," lanjut Suryo.

Suryo mengungkapkan, kondisi arus dan kendala yang dihadapi dalam upaya pencarian hari kedua yang dilakukan sejak pagi hingga sore hari.

"Untuk arus masih kencang, jadi kendalanya terkait arus Sungai Cicatih," ujarnya.
    
Unsur yang terlibat dalam upaya pencarian, sambung Suryo, Pos SAR Sukabumi, BPBD Kabupaten Sukabumi, Babinsa Koramil Cibadak, Bhabinkamtibmas Polsek Cibadak, Camat Cibadak, Satpol PP Cibadak, Desa Tenjo Jaya, Pramuka Peduli.

Lanjutnya ada Damkar Cibadak, Sarda, Kroscek Radio, Karangtaruna Kecamatan Cibadak, Banser, IEA Sukabumi, CIC, SAR Khatulistiwa, P2BK Cibadak, Relawan PKS, Otter, Catatan Cakrawala, Sehati dan Relawan Doa.

Diberitakan, dua orang anak dilaporkan hanyut terbawa arus saat berenang di Sungai Cicatih tepatnya di Kampung Tenjojaya RT 03/01, Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Minggu (26/5/2024) siang. Dalam kejadian itu, 1 orang selamat dan 1 masih dalam pencarian.

Satu anak yang hilang terbawa arus sungai itu bernama Satria Jibran (14 tahun) warga Kampung Babakan Sirna RT 04/04 Desa Tenjojaya Kecamatan Cibadak.

Kalak BPBD Kabupaten Sukabumi, Deden Sumpena mengatakan peristiwa ini terjadi sekitar pukul 12.30 WIB, berawal saat lima anak bermain air dan berenang di leuwi jawa, aliran Sungai Cicatih.

"Dua orang dari mereka mengalami hanyut dan panik yaitu Satria dan Angga. Angga selamat sementara Satria hanyut terbawa arus dan dinyatakan hilang oleh saksi yang sedang memancing di lokasi," singkat Deden.

Reporter  : Usep Suherman
Editor       : Iyang Sud

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hari ke 2 Pencarian Anak Hanyut di Sungai Cicatih Cibadak Belum Membuahkan Hasil

Trending Now

Iklan