TIM SAR Gabungan Temukan Jasad Korban Tenggelam di Sungai Cicatih Sukabumi

Redaksi
Selasa, 28 Mei 2024 | 10:24 WIB Last Updated 2024-05-28T03:26:23Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Tiga hari pencarian akhirnya Tim SAR gabungan  menemukan jasad korban tenggelam di Sungai Cicatih, Sukabumi, pada Selasa (28/5/2024) pagi dalam kondisi meninggal dunia. Jasad korban, yang hanyut pada Minggu, 26 Mei 2024, ditemukan berdasarkan informasi dari masyarakat yang melihatnya di bantaran Sungai Cicatih, tepatnya di Leuwi Layung Sari, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Korban akhirnya kami temukan sekitar pukul 07.30 WIB pagi ini pada radius sekitar 5 KM dari lokasi kejadian. Kemudian jasad korban kita evakuasi menuju RSUD Sekar Wangi untuk proses selanjutnya dan kita serahkan kepada pihak keluarga," jelas Suryo Adianto, Koordinator Pos SAR Sukabumi.

Sebelumnya, upaya pencarian dilanjutkan oleh tim SAR gabungan dengan membagi empat area pencarian. Tim pertama melakukan penyisiran menggunakan perahu rafting di sepanjang aliran Sungai Cicatih hingga radius kurang lebih 5 KM dari lokasi kejadian. 

Tim kedua melakukan penyisiran jalur darat hingga radius 7 KM. Tim ketiga menggunakan alat pendeteksi objek di bawah permukaan air, Aqua Eye, hingga radius 500 meter dari lokasi kejadian. Sedangkan tim keempat melakukan pencarian menggunakan drone thermal hingga radius 200 meter dari lokasi kejadian.

Puluhan personil SAR gabungan dikerahkan dalam upaya pencarian ini, yang melibatkan berbagai pihak di antaranya Pos SAR Sukabumi, BPBD Kabupaten Sukabumi, Koramil Cibadak, Polsek Cibadak, Kecamatan Cibadak, Satpol PP Cibadak, Desa Tenjo Jaya, Pramuka Peduli Kabupaten Sukabumi, Damkar Cibadak, SARDA Kabupaten Sukabumi, Kroscek Radio, Karang Taruna Cibadak, Banser, IEA Sukabumi, CIC, SAR Khatulistiwa, P2BK Cibadak, Relawan PKS, Otter, Catatan Cakrawala, SEHATI, Relawan DOA, Exalos, dan masyarakat setempat.

Diketahui korban yang bernama Satria Jibran Destiawan Saputra (14) tenggelam ketika sedang berenang bersama rekan-rekannya pada Minggu (26/5) sekitar pukul 12.30 WIB di Desa Tenjo Jaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Seluruh tim bekerja dengan sangat keras dan kami berterima kasih atas kerjasama dari semua pihak serta informasi dari masyarakat yang sangat membantu proses pencarian ini," tambah Suryo Adianto.

Jasad korban kini telah diserahkan kepada pihak keluarga untuk proses pemakaman. Upaya cepat dan koordinasi yang baik antara berbagai pihak dalam pencarian ini mendapatkan apresiasi dari masyarakat setempat.


Reporter  : Usep Suherman
Redaktur : Andri Sumantri

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TIM SAR Gabungan Temukan Jasad Korban Tenggelam di Sungai Cicatih Sukabumi

Trending Now

Iklan