Manjakan Pemudik, PUPR Siapkan Mobil Toilet Kabin di Exit Tol Parungkuda Sukabumi

Redaksi
Sabtu, 13 April 2024 | 23:55 WIB Last Updated 2024-04-17T03:15:51Z


TERBIT.ID, Sukabumi - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI) memanjakan pemudik Lebaran 2024 maupun wisatawan yang akan maupun menuju ke obyek wisata Palabuhanratu dengan menyiapkan mobil toilet kabin di rest area exit Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pantauan terbit.id, kenyamanan dan fasilitas mobil toilet kabin melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya menyiapkan sarana prasarana sanitasi dan air bersih dalam momen mudik dan arus balik Lebaran tahun 2024 serta arus wisatawan.

Mobil toilet kabin PUPR dilengkapi fasilitas untuk cuci tangan atau wastafel yang dilengkapi kaca, sabun cair, tisu, pengharum ruangan, fasilitas urinoir dan fasilitas untuk buang air kecil maupun besar.


Berikut beberapa tanggapan masyarakat setelah menggunakan Mobil toilet kabin :

Mega Warga Bandung menyampaikan, keberadaan toliet ini sangat membatu pengguna jalan disaat ingin membuang air kecil.

"Tempatnya bersih, wangi, luas dan nyaman juga. Sangat membantu banget," ujar Mega.

Mega mengaku dari Bandung mau ke Jampang dalam rangka ziarah ke makam ayah.

Hal serupa juga disampaikan Asep Irawan warga Bekasi, Kebetulan dari Bekasi mau wisata ke arah Pelabuhanratu.

"Saya kebelet kebetulan tadi saya lihat plang toilet akhirnya langsung turun dari mobil meluncur ke toilet tersebut," ujar Asep.

Asep mengakui toilet ini sangat membantu bagi para pemudik ataupun pelancong yang menuju arah Sukabumi Pelabuhanratu.

" Alhamdulilah toiletnya bagus, bersih, nyaman dan gratis," ucapnya.

Hal serupa disampaikan Andri Yoris, (39 tahun) Dari daerah Parung, mau ke Pelabuhanratu Sukabumi untuk berwisata.

"Saya parkir kendaraan di seberang sana karena ketahan macet kurang lebih satu jam dari keluar pintu tol. Tadi juga adik saya bilang ada toilet makanya saya kesini, Bagus toiletnya bersih, gratis lagi," singkat Andri.

"Kami dari Kementerian PUPR rutin setiap tahun lebaran menyediakan untuk pemudik yaitu unit-unit toilet mobil terutama yang dilengkapi dengan vakum tinja dengan penampungan air yang masing-masing 2.000 liter kita persiapkan, ujar Salam Petugas Satuan Tanggap Darurat Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, kepada terbit.id, Sabtu(13/4/2024).

Lebih lanjut Salam, Di Sukabumi ada dua unit beserta vakum tinjanya, fasilitas yang sediakan di toilet mobil berupa dua kamar di dalamnya ada shower, closet duduk yang bisa digunakan pemudik untuk mandi serta bersih-bersih.

"Selain itu juga ada fasilitas AC sekaligus bisa untuk beristirahat sejenak digunakan oleh pemudik dan wisatawan yang menuju arah Pelabuhanratu atau sebaliknya, kita melayani 24 jam," ungkapnya.

Diakui Salam, karena disini area parkirnya tidak memungkinkan, sepertinya jadi pengguna agak kurang.

Disinggung ketersediaan air pihaknya mengatakan, "Kami perhatikan kecukupan air, selama ini kita menyediakan 4.000 liter sehari tidak habis. Masalah air kita di drop dari PDAM Kabupaten Sukabumi," pungkasnya.

Editor : R.Cking.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manjakan Pemudik, PUPR Siapkan Mobil Toilet Kabin di Exit Tol Parungkuda Sukabumi

Trending Now

Iklan