Kasatlantas Polres Sukabumi : Rekayasa Lalin Supaya Wisatawan Lancar dan Nyaman

Redaksi
Selasa, 09 April 2024 | 16:19 WIB Last Updated 2024-04-17T03:17:52Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Satuan Lalu-lintas Polres Sukabumi menerapkan rekayasa lalu-lintas menuju kawasan obyek wisata Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kasatlantas Polres Sukabumi, AKP Fiekry Adi Perdana mengatakan, Semua jenis kendaraan yang menuju Palabuhanratu diarahkan melalui jalan Warungkiara, mulai dari pertigaan Cibadak yang disebut Simpang Ratu, tekuk kanan ke ruas melalui jalan Warungkiara sepanjang 45 km, kondisi jalan bagus dan lebar.

"Memasuki Kota Palabuhanratu semua kendaraan termasuk wisatawan yang menuju pantai melalui ruas Jalan Siliwangi terus lurus melewati Pasar ikan kemudian ke arah barat menuju pantai Citepus atau Karanghawu cisolok" jelas Fiekry kepada terbit.id, Selasa (9/4/2024).

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk kelancaran dan kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke sekitar Palabuhanratu.

Seperti hari ini, lanjut Fiekry, pihaknya sedang memasang tolo-tolo yaitu rambu sebagai alat bantu pemisah arus lalu-lintas sepanjang jalan menuju kawasan obyek wisata. Demikian juga kantong-kantong parkir, jajarannya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait menentukan kantong parkir di tiap obyek wisata.

"Jangan sampai ada kendaraan wisatawan parkir dibahu jalan, sebab kalo dimulai ada satu saja kendaraan parkir dibahu jalan pasti diikuti yang lainnnya" ujarnya.

Sementara itu, bagi kendaraan kecil dan sedang yang akan kembali ke arah Cibadak, diarahkan melalui jalur jalan Cikidang. Sedangkan bagi kendaraan besar seperti bus dan truk tetap melintasi jalan Warungkiara.

"Untuk arus balik jalur Cikidang hanya bisa dilalui oleh kendaraan kecil. Dari pertigaan Gunungbutak Palabuhanratu tekuk kiri terus melewati Buniwangi, Cikidang hingga keluar pertigaan Pamuruyan Cibadak" ucapnya.

Dijalur Cikidang ini, pihaknya meminta pengemudi tetap berhati-hati, selain jalannya banyak turunan dan tanjakan terjal, juga minim penerangan jalan dimalam hari.