Ditinggal Bukber Rumah di Kendal Ngawi Tertimpa Longsor Batu Sebesar

Redaksi
Senin, 18 Maret 2024 | 22:04 WIB Last Updated 2024-03-18T15:05:56Z
TERBIT.ID, Ngawi - Diguyur hujan intensitas cukup lama mengakibatkan longsor dengan material batu besar dari gunung Poskamling menerjang rumah milik Boniran warga di Desa Karang Gupito, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, beruntung tidak ada korban jiwa. 

Bencana alam longsor yang menimpa rumah milik Boniran,(65 tahun) terjadi saat sang pemilik rumah sedang berada diluar rumah berkumpul di tetangga kampungnya untuk berbuka bersama, Minggu (17/3/2024). 

Tetangga korban Siti Zulaikah mengatakan, Bukit setinggi sekitar 60 meter yang berada di samping rumah korban tiba-tiba longsor. Material longsoran batu besar bercampur tanah menghantam tembok sisi ruang tamu dan dapur hingga jebol. 

Batu besar itu sampai menjebol tembok, hingga merusak sejumlah perabotan rumah tangga yang berada di ruangan rumah. Kondisinya berantakan dari ruang tamu hingga dapur. 

"Saya mendengar suara gemuruh seperti benda besar bergerak, setelah dilihat ternyata batu jatuh, dekat dengan rumah saya," tutur Siti, Senin (18/3/2024).

Diakui Siti, Sedangkan pemilik rumah, Boniran, mengaku tidak tahu kalau rumahnya tertimpa batu besar yang longsor. Lantaran, katanya, saat kejadian keluarganya sedang mengikuti acara buka bersama di rumah tetangga sekampungnya," tandasnya. 

"Habis hujan rumah saya kelongsoran batu besar. Sebelum menghantam rumah saya, batu itu lebih dulu menghantam pepohonan. Pas kejadian, saya berada di rumah tetangga untuk buka bersama," ujar Boniran.

Beruntung saat kejadian rumah dalam kondisi tanpa penghuni, sehingga tidak ada korban jiwa, Meski demikian, Boniran mengaku masih merasa was-was dan khawatir jika terjadi longsor susulan. 

Sementara petugas SAR Sutikno bersama unsur BPBD, Tagana, PMI, TNI, Polri, perangkat desa dan warga masyarakat melakukan kegiatan kerja bakti di titik lokasi bencana. Untuk menyingkirkan material longsor, merapikan dan membenahi kerusakan rumah korban, menggunakan peralatan seadanya seperti linggis, cangkul, sekop, gergaji serta peralatan pertukangan lainnya.

"Tadi sudah dilakukan kerja bakti untuk membersihkan material longsor. Tadi siang rekan-rekan relawan Kendal, yang termasuk melakukan kegiatan," ujar Sutikno, personel SAR setempat. 

Petugas kebencanaan setempat menghimbau, masyarakat diminta senantiasa waspada. Dalam kondisi cuaca seperi saat ini segala kemungkinan buruk bisa terjadi. 



Kontri : Fin
Editor : R.Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ditinggal Bukber Rumah di Kendal Ngawi Tertimpa Longsor Batu Sebesar

Trending Now

Iklan