Rapat Pleno PPK Kecamatan Cicurug 355 TPS Terbanyak se Kab Sukabumi

Redaksi
Selasa, 20 Februari 2024 | 13:16 WIB Last Updated 2024-02-20T06:18:24Z
Sebelum Rapat Pleno Foto bersama Pimpinan Sidang beserta Anggota PPK dengan Forkopimcam Cicurug, di Gudang Bulog Ds, Tenjolaya, Kec Cicurug, Kab Sukabumi, Selasa(20/2/2024). 

TERBIT.ID, Sukabumi - Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada pemilihan umum tahun 2024, tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Cicurug di Gudang Bulog Kampung Pangkalan Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (20/2/2024). 

Pantauan terbit.id, Rapat pleno rekapitulasi dipimpin oleh ketua PPK Kecamatan Cicurug Dadad Handriyani beserta anggota dan dihadiri oleh Forkopimcam Cicurug, Panwaslucam, para saksi Parpol, saksi paslon Pilpres. Hari pertama prosesi rapat pleno penghitungan kotak suara dari PPS Desa Kutajaya sebayak 54 TPS. 

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cicurug, Dadad Handriyani mengatakan, Dalam persiapan tersebut, berbagai agenda penting menjadi fokus dalam prosesi rapat pleno terbuka, termasuk persiapan lokasi untuk prosesi pleno dan rapat koordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

" Kita melakukan persiapan untuk pleno secara intensif mengingat TPS kita terbanyak se Kabupaten Sukabumi, yakni 355 TPS dari jumlah 12 Desa satu Kelurahan," jelas Dadad," kepada terbit.id, pada Selasa (20/2/2024).

Lebih lanjut Dadad menyatakan, salah satu poin penting adalah undangan kepada seluruh saksi partai politik, tiga saksi presiden, dan kehadiran Tempat Pemungutan Suara (TPS) terkait. 

" Untuk hari pertama kita laksanakan penghitungan 54 kotak suara dari TPS Desa Kutajaya," ungkapnya. 

Diakuinya Dadad, proses pleno kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dengan membuka seluruh kotak dari desa, membacakan C1 kepada saksi, dan memastikan keabsahan hasil perhitungan. 

Dalam upaya menjaga transparansi, Dadad Handriyani menyampaikan bahwa estimasi waktu untuk pleno ini sebetulnya dalam jangka waktu satu minggu. 

"Namun, jadwal dapat berubah tergantung pada jumlah desa yang terlibat, dengan harapan menyelesaikan proses secara efisien," ucapnya. 

Judul KPU Nomor 5 Tahun 2024 tentang pengaruh kompetisi tingkat kecamatan menjadi pedoman dalam menjalankan pleno ini. Pihaknya berharap agar agenda ini berjalan lancar tanpa kendala sesuai target waktu.

Dadad, mengajak para saksi partai dan saksi presiden untuk menyaksikan prosesi pleno dengan tertib. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada anggota KPPS yang telah berkontribusi meskipun menghadapi kendala, serta menyampaikan keprihatinan terkait kesehatan beberapa anggota KPPS.

"Penghargaan diberikan kepada jajaran muspika Cicurug, Polri dan TNI yang telah mengawal serta menjaga kesuksesan perjalanan proses pemilu, dan juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah antusias memberikan suaranya," tuturnya. 

Sebagai catatan akhir, Dadad memohon maaf atas keterlambatan dalam proses rekapitulasi nasional yang disebabkan oleh kendala jaringan aplikasi. 

"Bahwa keterlambatan tersebut bukanlah upaya untuk merugikan dan berharap semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar," pungkasnya.




Editor : R.Cking.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rapat Pleno PPK Kecamatan Cicurug 355 TPS Terbanyak se Kab Sukabumi

Trending Now

Iklan