Rumpun Bambu di Cidahu Sukabumi Terbakar

Redaksi
Senin, 16 Oktober 2023 | 17:23 WIB Last Updated 2023-10-16T10:27:41Z


TERBIT.ID I Cidahu - Rumpun bambu seluas kurang lebih 100 meter  milik Ukat (70) warga Kampung Cidahu Wetan 07/03, Desa Tangkil, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, hangus terbakar, pada Senin (16/10/2023), sekitar pukul 13.15 WIB.


Informasi dihimpun terbit.id dalam penanganan kebakaran rumpun bambu melibatkan unsur dari Pemerintah Desa Tangkil, Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta warga masyarakat setempat.


Salah seorang warga Solihat (47) mengatakan, awalnya ibu- ibu sekitar mendengar seperti adanya bunyi seperti petasan, akan tetapi setelah mereka lihat ke lokasi ternyata bunyi tersebut berasal dari pohon bambu yang sudah terbakar.



" saya kira suara bunyi petasan dari orang hajatan, ternyata bunyi tersebut berasal dari pohon bambu yang sudah terbakar," ujarnya kepada terbit.id.


Selanjutnya, ibu- ibu spontan meminta tolong kepada warga sekitar untuk memadamkan kobaran api yang sudah membakar rumpun bambu tersebut, lalu dengan alat seadanya mereka mengambil air dari kolam dengan menggunakan ember.


"Saya, beramai-ramai untuk mencoba mematikan kobaran api dengan mengambil air dikolam menggunakan ember seadanya,"pungkasnya.


Sementara itu Ketua DPKP Posko III (Damkar) Cicurug Hasan Basri mengatakan, bahwa pihaknya mendapat laporan dari Kepala Desa Tangkil, Kecamatan Cidahu, adanya rumpun bambu dilahan milik warga Kampung Cidahu Wetan yang terbakar. kemudian dari laporan tersebut tim Posko Damkar III Cicurug segera menuju titik lokasi kebakaran.


"Iya, mengingat lokasi kebakaran tidak bisa di jangkau dengan menggunakan mobil Damkar, akhirnya kami menggunakan mesin Alkone dengan mengambil air dari kolam yang tidak jauh dari lokasi," kata dia.


Lanjut Hasan, dalam waktu kurang lebih sekitar 20 menit tim Posko III Damkar Cicurug akhirnya bisa memadamkan sumber api dari rumpun bambu yang terbakar tersebut.


"Alhamdulillah, api bisa dipadamkan dengan terus melakukan pendinginan sampai sumber titik api benar- benar padam, sedangkan untuk penyebabnya kebakaran belum bisa diketahui, saya menghimbau kepada warga masyarakat jangan membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan yang dapat mengakibatkan kebakaran," pungkasnya.



Reporter  : Us
Redaktur : R Cking

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rumpun Bambu di Cidahu Sukabumi Terbakar

Trending Now

Iklan