Gumpalan Asap Putih dari Lahan Hutan Gunung Salak Sukabumi Terbakar

Redaksi
Senin, 02 Oktober 2023 | 18:51 WIB Last Updated 2023-10-02T11:56:51Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Kepulan asap putih terlihat sangat jelas diduga berasal dari lahan dikawasan hutan Gunung Salak yang terbakar, sekitar wilayah Kampung Cidadap,Lemah duhur Blok Pasir Keramat, Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (2/10/2023). 


Menurut salah seorang warga Girijaya RT 04/06, Nurharyati (47) saat di temui di lokasi kejadian mengatakan, Awalnya ia melihat kejadian tersebut dari group Whatsapp pemuda Girijaya, bahwa ada kebakaran lahan hutan di wilayah Gunung Salak yaitu disekitar wilayah Kampung Cidadap Lemah duhur, setelah dilihat ternyata api sudah mulai membesar dan mengeluarkan asap putih. 


"Iya, saya melihat kepulan asap tersebut sekitar pukul 13.05 WIB,selanjutnya saya bersama para pemuda Girijaya segera menuju lokasi tempat kebakaran untuk membantu memadamkan api dengan alat seadanya dan Alhamdulillah berkat bantuan dari semua pihak akhirnya api bisa di padamkan," singkatnya kepada terbit.id.

Sementara itu Kapolsek Cidahu AKP Ahmad Suryana Bande mengatakan, bahwa pihaknya mendapat laporan dari warga masyarakat terkait kebakaran lahan hutan di kawasan Gunung Salak, dari adanya laporan tersebut kemudian pihak jajaran Polsek Cidahu segera menuju lokasi Tempat Kejadian Kebakaran lahan tersebut. 


"Iya, Kebakaran tersebut berada di lokasi hutan Blok pasir Keramat, Desa Girijaya ,Kecamatan Cidahu dengan luas lahan yang terbakar kurang lebih 1 Hektare," jelasnya. 


Selanjutnya, jajaran Polsek Cidahu bersama dengan petugas Resort Kawah ratu, Volunteer, P2BK Cidahu dan Cicurug dan tim Relawaran dibantu warga sekitar langsung berusaha melakukan pemadaman api dengan menggunakan alat seadanya. 


"Sekitar pukul 14.45 WIB api dapat di padamkan dan selanjutnya kami melakukan antisipasi agar sisa- sisa sumber api benar- benar padam," ungkapnya. 


Menurutnya, bahwa lahan yang terbakar berupa tanaman ilalang yang kering akibat dari kondisi kemarau yang panjang, sedangkan penyebab kebakaran tersebut belum dapat diketahui. 


"Selain ilalang ada juga sebagian pohon yang terbakar yaitu pohon puspa kisireum, pohon cangkuang dan  pohon andam," kata dia. 


Pihaknya menghimbau kepada warga masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar atau ketika ada warga yang melakukan pendakian atau jiarah untuk tidak mebuang sampah atau puntung rokok sembarangan sehingga dapat menyebabkan kebakaran. 


"Intinya kita tetap harus menjaga lingkungan dan tetap waspada apalagi dengan kondisi kemarau saat ini,"pungkasnya.



Reporter  : Us
Redaktur :  R.C
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gumpalan Asap Putih dari Lahan Hutan Gunung Salak Sukabumi Terbakar

Trending Now

Iklan