FTBI Jenjang SD Tahun 2023 Tingkat Kecamatan Cicurug, Pikeun Ngamumule Budaya Sunda

Redaksi
Sabtu, 30 September 2023 | 19:22 WIB Last Updated 2023-09-30T12:24:04Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Sebanyak 43 Sekolah Dasar Negeri maupun swasta yang ada di Kecamatan Cicurug mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu tahun 2023 bertempat di SDN Pasawahan, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (30/09/23). 


Ketua Panitia Pelaksana Ikoh Ropikoh mengatakan, bahwa kegiatan FTBI ini merupakan kegiatan lomba yang rutin di laksanakan setiap tahunnya di tingkat Sekolah Dasar (SD),tujuan kegiatan FTBI ini yaitu untuk melestarikan budaya sunda agar tidak punah dengan menampilkan beberapa kreasi budaya sunda dan perlombaan- perlombaan. 


"Iya,ada beberap perlombaan yang di tampilkan diantaranya, Ngadoneng, Biantara, Maca Sajak, Kembang Pupuh, Maca Nulis Aksara Sunda, Ngabodor sorangan dan Ngarang carita pondok," ujarnya kepada terbit.id.

Selanjutnya, bahwa dari hasil juara lomba ini nantinya akan terus di ikut sertakan dalam lomba tingkat Kabupaten Sukabumi sampai ke tingkat Provinsi Jawa Barat. 


"Intinya bahwa kegiatan FTBI ini yaitu sebagai "Tarekah pikeun ngamumule Budaya sunda" (langkah untuk melestarikan budaya sunda) mengingat anak-anak sekarang sudah mulai tidak mengenal Kaulinan (permainan) tradisional sunda,"ungkapnya.


Menurutnya, bahwa anak- anak sekarang lebih mengenal permainan gudjet atau game dibanding permainan tradisional sehingga dengan adanya FTBI ini bisa memperkenalkan kembali budaya sunda di tingkat Sekolah Dasar. 


"Iya,harapannya melalui kegiatan ini saya selaku guru bisa mengajarkan kepada murid-murid untuk mengenal dan melestarikan budaya sunda,"pungkasnya.


Sementara itu Kepala SDN Pasawahan Jaelani menambahkan, bahwa pihaknya selaku tuan rumah kegiatan FTBI ini sangat apresiasi dengan tersengaranya kegiatan lomba tersebut. 


"Bahwa sesuai dengan tujuan utama bahwa FTBI ini yaitu bahwa mereka sebagai tunas- tunas yang mampu menjaga dan melestarikan bahasa ibu, kebetulan bahasa ibu mereka itu adalah bahasa sunda," jelasnya. 

Masih kata jaelani, bahwa mereka mengunakan bahasa sunda jangan sampai hanya sebatas di festival saja akan tetapi ketika setelah lomba mereka harus mampu melanjutkan penggunaan bahasa Sunda sehari- hari dengan baik. 


"Apalagi kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Bahasa Pendidikan dan Kebudayaan sehingga akan menjadi tanggungjawab Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat yang harus di laksanakan oleh dua jenjang, yaitu SD dan SMP," kata dia. 


Jadi kegiatan ini adalah salah satu upaya Kecamatan Cicurug untuk mengirimkan Tujuh orang peserta laki- laki dan tujuh peserta perempuan untuk di berangkatkan sekitar tanggal 10 mendatang untuk berlomba di tingkat Kabupaten Sukabumi. 


"Semoga melalui FTBI ini anak- anak bisa  kembali menggunakan bahasa Sunda untuk kegiatan sehari- harinya," pungkasnya. 



Reporter : Us 
Redaktur : R Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • FTBI Jenjang SD Tahun 2023 Tingkat Kecamatan Cicurug, Pikeun Ngamumule Budaya Sunda

Trending Now

Iklan