Iklan

Warga Perum BPR Kompak Bantu Petugas Damkar Padamkan Kebakaran Lahan

Redaksi
Sabtu, 30 September 2023 | 19:07 WIB Last Updated 2023-09-30T12:56:21Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Dua kali terjadi kebakaran lahan, diduga akibat pembakaran sampah lahan alang-alang terbakar di Kampung Pakuhaji tepatnya di belakang Perum Bumi Pakuwon Regency (BPR) RT 61/24 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu,(30/9/2023). 

Pantauan terbit.id, di lokasi pertama tiupan angin membuat kobaran api cepat merambat ke ilalangilalang dan kebon bambu. sambil menunggu datangnya unit Damkar dari Pos Cibadak warga Perum BPR kompak berjibaku untuk memadamkan api dengan batang pohon pisang. 

Satu unit Damkar Pos Cibadak beserta 7 petugas jaga datang di lokasi langsung melakukan pemadaman. Kendati api sudah padam namun petugas tetap melakukan penyemprotan (pendingin) di lokasi agar tidak muncul api kembali. 

Komandan pos Damkar Cibadak Iyep Yosepa mengatakan, setelah mendapatkan laporan dari warga sekitar pukul.16.50 WIB, langsung bergegas menuju TKP di Parungkuda. 

" Kami langsung meluncur ke lokasi(TKP) kebakaran lahan tepatnya di belakang Perum Bumi Pakuwon Regency(BPR) yang terbakar lahan alang-alang dan kebun bambu," Jelas Iyep kepada terbit.id, Sabtu,(30/9/2023). 

Iyep mengakui, tingkat kesulitan dalam penanganan musibah kebakaran lahan seperti kemacetan jalur yang dilintasi dari Pos Damkar Cibadak ke lokasi dan di TKP unit kendaraan Damkar jauh dari sumber api sehingga harus dipadamkan dengan alat manual. 

" Alhamdulillah, kekompakan warga di Perum BPR Pakuhaji terlihat sangat antusias sehingga api sudah bisa dipadamkan," Ucapnya Iyep. 

Pihaknya tak bosan-bosan untuk menghimbau kepada masyarakat agar jangan membakar sampah sembarangan dan bagi masyarakat yang akan menggarap lahan juga jangan membakar rumput

" Kendati api sudah padam kami tetap melakukan pendinginan untuk menghindari titik api muncul kembali," Tandasnya Iyep. 

Ketua RT 61/24 Perum BPR Cepy E Badrudin mengatakan, kebakaran lahan di dua lokasi. 

" baru mandi setelah dari lokasi pertama, eh terjadi kebakaran lagi, Alhamdulillah bisa diatasi oleh warga dan dibantu oleh tiga anggota Polsek Parungkuda yang akan melakukan pengecekan lokasi kebakaran pertama," Singkatnya Cepy.


Reporter.    : Us. 
Redaktur.   : R.Cking.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Perum BPR Kompak Bantu Petugas Damkar Padamkan Kebakaran Lahan

Trending Now

Iklan