-->
  • Jelajahi

    Copyright © TERBIT.ID | BERITA TERBIT HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Health

    Permaisuri Sultan Brunei Darussalam Ultah, Dihadiahi Kain Batik Asal Indonesia

    Redaksi
    Minggu, 09 Oktober 2022, 11:10 WIB Last Updated 2022-10-09T04:10:51Z

    TERBIT.ID | BRUNAI DARUSSALAM – Dua helai kain batik tulis sutra asal Indonesia dipilih menjadi hadiah persembahan khusus untuk Permaisuri Sultan Brunei Darussalam Paduka Seri Baginda Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha yang berulang tahun ke-76.

    Hadiah tersebut disampaikan langsung di Istana Nurul Iman pada Jumat (7/10) oleh kepala perwakilan asing perempuan beserta seluruh isteri dari kepala perwakilan asing di Brunei Darussalam.

    Dalam kunjungannya, isteri dari Duta Besar RI untuk Bandar Seri Begawan, Nani Sujatmiko, mewakili para rombongan menjelaskan maksud dari kain batik yang dipersembahkan kepada sang Permaisuri.

    “Persembahan ini dibuat secara cermat oleh tangan terampil perajin batik di Indonesia selama enam bulan. Desain pada kedua kain batik ini mengambil inspirasi dari motif tradisional Jawa dan memiliki arti khusus (yang) disesuaikan untuk pemakainya,” kata Nani, yang dimuat dalam keterangan KBRI Bandar Seri Begawan yang dibagikan pada Sabtu (8/10).

    Lebih lanjut Nani menjelaskan, kedua kain batik ini masing-masing mengambil motif 'banyu mili' dan 'merak ngibing' yang sarat akan filosofi.

    Banyu mili yang berarti air mengalir, didalamnya mengandung harapan agar pemakainya senantiasa bertambah kewibawaan serta rezeki yang mengalir seperti air. Sementara motif merak ngibing mengusung filosofi hidup yang selalu rukun, tenteram, dan damai.

    Kain batik, khususnya di Indonesia, merupakan sebuah karya seni, simbol warisan kebudayaan, dan identitas nasional.

    “Kami sangat bangga akhirnya bisa mempersembahkan bingkisan indah yang kaya makna dan filosofi ini,” tambahnya.  

    Sementara itu, Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko, yang juga Dean of Diplomatic Corps di Brunei Darussalam, menyatakan kunjungan ini telah menunjukkan bagaimana perhatian dan eratnya tali silaturahmi antara Permaisuri Sultan Brunei dengan kalangan korps diplomatik di Brunei Darussalam.

    Acara tersebut berlangsung dengan khidmat dan Kebawah Duli Yang Maha Mulia turut menyapa seluruh anggota rombongan. Kemudian para rombongan tersebut mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Kebawah Duli Yang Maha Mulia karena telah menerima kunjungan mereka. 

     
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    KESEHATAN

    +