-->
  • Jelajahi

    Copyright © TERBIT.ID | BERITA TERBIT HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Health

    Pasca 5 Titik Lokasi Longsor di Cicurug dan Parungkuda, BPBD Sukabumi Himbau Masyarakat

    TERBIT.ID
    Selasa, 14 Juni 2022, 08:52 WIB Last Updated 2022-06-14T04:17:18Z
    BPBD Kabupaten Sukabumi Menurunkan Alat Berat Evakuasi Material Longsoran di Komplek Ponpes Al Amin Kampung Karang sirna RT 01/01, Desa Nangerang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi,Senin, (13/6/2022)malam.

    TERBIT.ID | Sukabumi - Akibat hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan bencana longsor terjadi di 5 titik lokasi di Kecamatan Cicurug, dan Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin, (13/6/2022). BPBD Kabupaten Sukabumi menghimbau masyarakat tingkatkan kewaspadaan. 

    Informasi dihimpun Terbit.id, pasca hujan deras cukup lama di Cicurug dan sekitarnya mengakibkan sejumlah lokasi mengalami longsor, setidaknya empat titik longsor terjadi di 5 desa, yakni Desa Nanggerang, Tenjo ayu, Kutajaya dan Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug dan Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda. 

    Kepada Terbit.id, Sub koordinator kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Medi Abdul Hakim
    mengatakan, Kejadian Bencana tanah longsor di Kecamatan Cicurug sebanyak 5 titik lokasi. Pihaknya menghimbau masyarakat agar tingkatkan kewaspadaan. 

    Berikut titik lokasi longsor. 1. Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjang 10 meter dan lebar 5 meter, Tinggi 10 meter, di Jalan utama Perum BCA Mekarsari, RT 01/09
    Desa mekarsari, longsor, mengakibatkan jalan desa menuju Perum tertutup longsoran. 

    Lokasi ke 2. Sebuah Tembok Penahan Tanah (TPT) Panjang  20 meter, lebar 50 cm dan tinggi 3 meter rumah milik Uci di Kampung Karang sirna RT 01/01(Ponpes Al amin), Desa Nangerang longsor, akibatnya material longsoran menutupi akses jalan menuju Ponpes Al-Amin. 

    Lokasi ke 3. Dampak hujan juga mengakibatkan 2 rumah  yang dihuni oleh 2 KK dengan empat jiwa warga Kampung Kuta RT 02/01 Desa Tenjoayu Kecamatan Cicurug, mengalami rusak ringan bahkan terancam longsor susulan jika hujan terjadi lagi, ke 4 jiwa harus mengungsi ketetangga terdekat, tanah lereng terjadi longsor juga mengakibatkan jalan lingkungan nyaris putus. 

    Lokasi ke 4.
    Longsor juga terjadi di 
    Kampung Sindang resmi RT 008/007
    Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug.

    Longsor juga terjadi sebuah jalan lingkungan panjang 8 meter, tinggi 4 meter, mengakibatkan jalan tersebut tidak bisa di lewati. 

    Lokasi ke 5.
    Kampung Ciutara RT 18a/07, Desa Pondokkasolandeh Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. 

    Dampaknya, satu rumah warga yang dihuni oleh 1 KK dengan jumlah 5 jiwa terancam sehjngga tidak bisa dihuni, keluarga terdampak mengungsi kerumah sanak sodaranya

    Setelah melakukan koordinasi dengan semua unsur, pihaknya melakukan penanganan persuasif bersama-sama TNI, Polri, Komunitas, relawan, P2BK dan masyarakat serta menurunkan alat berat untuk mengevakuasi material longsor di titik longsor Ponpes Al Amin(malam) dan  pagi ini evakuasi di Jalan Perum BCA Mekarsari. 

    " Untuk itu kami menghimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan, pastikan kita siap menerima dan mengalirkan air hujan yang turun, serta melaporkan ke dinas terkait ketika terjadi bencana," Pungkas Medi, (Cking). 

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    KESEHATAN

    +