Peneliti Rusia: Tidak Semua Jenis Virus Corona Berbahaya

TERBIT.ID
Senin, 14 Juni 2021 | 16:08 WIB Last Updated 2021-06-14T16:23:51Z

TERBIT.ID ■ Para ahli virus di Rusia mengungkapkan, berdasarkan hasil penelitian negara itu memiliki varian virus corona tersendiri yang telah beredar di wilayah itu.

Dari pemantauan yang dilakukan selama minggu-minggu terakhir, ditemukan versi modifikasi dari (strain virus corona) tersendiri.

"Bukan (jenis) Inggris, atau (jenis) India, yang beredar di negara ini,” jelas Alexander Gintsburg, Direktur Pusat Penelitian Epidemiologi dan Mikrobiologi Nasional Gamaleya, yang mengembangkan vaksin, mengatakan kepada Tass, Senin (14/6).

“Kami memiliki sistem pemantauan regangan yang dibuat oleh pemerintah berdasarkan beberapa pusat penelitian. Data menunjukkan bahwa memang banyak versi modifikasi dari virus corona ini," katanya.

Jenis virus corona varian baru muncul di Moskow belakangan ini.Para ilmuwan sedang mempelajari sifat-sifat virus ini.

Penemuan adanya varian virus corona dilaporkan oleh Wakil Direktur Gamaleya Center Denis Logunov, beberapa hari sebelumnya. Ia juga mengatakan bahwa tidak semua jenis virus corona berbahaya, tetapi perlu untuk melacak semua perubahan. 

Saat ini, Rusia berencana untuk membagikan hasil awal uji coba vaksin COVID-19 berdasarkan enam minggu pertama pemantauan peserta, meningkatkan tempo dalam perlombaan global yang sudah hiruk pikuk untuk mengakhiri pandemi.

Alexander Gintsburg, kepala Institut Gamaleya yang memproduksi vaksin Sputnik V, mengatakan kepada Reuters bahwa laju pengembangannya diperlukan di bawah kondisi pandemi "masa perang", tetapi tidak ada jalan pintas.

Rusia telah mendorong maju dengan potensi vaksin COVID-19 dengan kecepatan tinggi dengan vaksinasi publik massal di samping uji coba manusia utama, meningkatkan kekhawatiran di antara beberapa pengamat bahwa itu memprioritaskan prestise nasional daripada sains dan keselamatan yang solid.

"Orang-orang sekarat seperti saat perang," kata Gintsburg, memegang model kristal virus corona di tangannya. "Tapi kecepatan yang dilacak cepat ini tidak sama, seperti yang disarankan beberapa media, dengan tikungan yang dipotong. Tidak mungkin."

Duduk di kantor berpanel kayu di institut di Moskow, Gintsburg mengatakan timnya telah menetapkan tenggat waktu yang ketat untuk memproduksi vaksin tetapi semua pedoman untuk menguji keamanan dan kemanjuran Sputnik V telah diikuti.

Rencana untuk mempublikasikan hasil sementara berdasarkan 42 hari pertama pemantauan sukarelawan berarti Rusia memiliki peluang besar untuk menjadi yang pertama di dunia yang mengumumkan data apa pun dari uji coba tahap akhir, yang dikenal sebagai Fase III.

Yang pertama dari 5.000 sukarelawan divaksinasi pada 9 September, yang berarti hasil sementara dapat dikeluarkan beberapa saat setelah 21 Oktober. Dana kekayaan negara Rusia, yang telah berinvestasi dalam peluncuran vaksin, mengatakan pihaknya mengharapkan hasil sementara akan dipublikasikan. pada bulan Oktober atau November mendatang.

KEPENTINGAN UMUM

Beberapa pengembang Barat sedang melakukan uji coba tahap akhir yang telah berlangsung selama lebih dari 42 hari tetapi belum mempublikasikan hasil sementara.

Pembuat obat mengatakan mereka akan menunggu sampai mereka memiliki infeksi yang cukup untuk mendapatkan pembacaan yang dapat diandalkan dari data sebelum publikasi, daripada menetapkan tanggal tertentu.

Gintsburg mengatakan ada argumen kepentingan publik untuk membagikan hasil sementara setelah 42 hari karena akan menunjukkan tren umum dalam data.

"Bagi saya, misalnya, itu terlalu pendek. Tetapi bagi orang-orang yang tertarik dengan bagaimana keadaannya, itu sudah terlalu lama," ujarnya.

Gintsburg mengatakan relawan akan dipantau selama 180 hari setelah 40.000 peserta terakhir divaksinasi. Enam bulan kemudian, timnya berencana untuk menghitung hasil akhir dan kemudian mempublikasikannya di jurnal internasional.

Hasil uji coba tahap awal mereka ditinjau oleh rekan sejawat dan diterbitkan di The Lancet.

Sejalan dengan uji coba, Rusia mulai menginokulasi anggota masyarakat umum yang dianggap berisiko tinggi pada 8 September, langkah lain yang tidak konvensional oleh Moskow dalam perlombaan untuk mendapatkan vaksin.

Sekitar 400 orang telah disuntik sejauh ini, menurut kementerian kesehatan. Mereka menjalani pemeriksaan medis yang kurang ketat dibandingkan dengan sukarelawan percobaan, meskipun mereka dapat mengirimkan data tentang kesehatan mereka setelah inokulasi melalui platform online.

Sebuah sumber pemerintah mengatakan kepada Reuters bahwa hasil uji coba Fase III sementara kemungkinan akan menginformasikan keputusan apakah akan memperluas upaya inokulasi massal ini, dimulai dengan orang di atas 60 tahun.

ROULETTE RUSIA

Gintsburg mengatakan tidak ada efek samping serius yang dilaporkan selama uji coba Fase III sejauh ini, sementara efek samping kecil yang diantisipasi terjadi di antara hanya 14% hingga 15% dari sukarelawan. Seperempat dari peserta menerima plasebo.

Dia juga membela pendaftaran awal vaksin untuk penggunaan umum, dengan mengatakan itu adalah pendekatan yang paling etis.

"Pilihannya adalah antara memberi orang kesempatan untuk melindungi diri mereka sendiri, atau membiarkan mereka bermain rolet dengan infeksi mematikan ini," bebernya.

Dia juga mengatakan Rusia bertujuan agar vaksin itu sekitar 75% lebih efektif daripada plasebo, yang berada di atas ambang 50% untuk vaksin COVID-19 yang ditetapkan oleh Food and Drug Administration AS.

Gintsburg mengatakan memiliki 40.000 peserta uji coba berarti uji coba akan efektif bahkan dengan tingkat penularan COVID-19 yang rendah di ibu kota Rusia.

"Ini menjamin bahwa bahkan dengan tingkat infeksi yang rendah, kami masih memiliki data yang signifikan secara statistik," katanya.

Moskow mendaftarkan 642 kasus baru COVID-19 pada hari persidangan dimulai. Tingkat infeksi telah meningkat sejak itu, dengan 2.217 kasus baru pada hari Senin, meskipun itu masih jauh di bawah puncak sekitar 6.000 infeksi harian di ibu kota pada awal Mei.

Pembuat vaksin lain telah meluncurkan uji coba massal di negara-negara seperti Brasil, Afrika Selatan dan Amerika Serikat, mencari tempat-tempat di mana penyakit ini masih merajalela setelah epidemi turun dari puncaknya di Eropa.

Rusia juga berencana melakukan uji coba di beberapa negara, antara lain Belarusia, Brasil, dan India.

TIDAK MUNGKIN DAN TIDAK ETIS

Pembuat obat juga telah berjanji untuk memastikan uji klinis mereka yang lebih besar mencakup beragam sukarelawan dalam hal ras, etnis, jenis kelamin, usia, dan faktor lainnya.

Rusia menetapkan kuota Tahap III berdasarkan usia untuk memastikan jumlah peserta lanjut usia yang cukup, kata Gintsburg, tetapi tidak ada kelompok khusus lainnya yang dibentuk. Lebih dari seperlima dari mereka yang divaksinasi dalam uji coba sejauh ini telah berusia lebih dari 50 tahun, katanya.

Tingkat penularan di antara peserta uji coba memengaruhi waktu ketika banyak pembuat vaksin berencana untuk mempublikasikan hasil sementara karena mereka perlu mencatat sejumlah infeksi COVID-19 sebelum data awal dapat dibagikan.

Produsen obat Inggris AstraZeneca meluncurkan uji coba Fase III untuk vaksinnya pada bulan Mei dan belum mengungkapkan tren apa pun.

Raksasa farmasi AS Pfizer , yang sedang mengembangkan vaksin dengan mitra Jerman BioNTech , dan pembuat vaksin AS Moderna keduanya memulai uji coba mereka pada akhir Juli. Keduanya belum membuat pengungkapan awal.

BioNTech mengatakan, mungkin memiliki data untuk pengajuan peraturan pada akhir Oktober atau awal November.

Dalam upaya untuk mempercepat proses penemuan vaksin, Inggris berencana menjadi tuan rumah uji coba di mana sukarelawan sengaja terinfeksi COVID-19.

Gintsburg mengatakan pengadilan semacam ini tidak mungkin dilakukan di Rusia dan dianggap tidak etis, "Kami terkejut dengan berita itu," pungkasnya. (reuter/red)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peneliti Rusia: Tidak Semua Jenis Virus Corona Berbahaya

Trending Now

Iklan