Ketua DKPP: Penyelenggara Pemilu Punya Niat yang Sama Wujudkan Pemilu Semakin Berintegritas



TERBIT.ID ■ Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad menyatakan, Penyelenggara Pemilu, KPU dan Bawaslu, termasuk DKPP, memiliki niatan yang sama dalam mewujudukan Pemilihan Umum (Pemilu) yang semakin berintegritas. Hal itu disampaikannya dalam acara Syukuran Ulang Tahun DKPP ke-9 di Ruang Sidang Utama DKPP, Jakarta, Senin (14/6/2021), yang juga diikuti secara virtual oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kami yakin 3 (tiga) lembaga ini punya komitmen yang sama, punya nawaitu yang sama, punya target dan cita-cita yang sama, supaya proses-proses dan hasil Pemilu dan Pilkada kita di Indonesia semakin bermartabat,” ujarnya.

Menurutnya, bangsa Indonesia patut bersyukur atas pengakuan dunia internasional dalam pelaksanaan pesta demokrasi di tanah air. Bahkan, menurutnya, Indonesia menjadi negara satu-satunya yang memiliki dewan kehormatan penyelenggara pemilu yang berperan menegakkan kode etik bagi para anggota Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu. Meski demikian, menjaga integritas, dinilainya, perlu ditanamkan dalam setiap diri penyelenggara, bukan karena hadirnya badan kode etik seperti DKPP.

“Biarlah masing-masing teman-teman KPU-Bawaslu memelihara, merawat integritas. Ketika sudah komitmen itu secara personal, lalu bersemi menjadi komitmen semua organisasi, biarlah nilai-nilai etik terejawantah pada diri setiap penyelenggara pemilu,” kata Muhammad.

Peringatan hari jadi DKPP ke-9 ini, dinilainya sebagai momentum untuk mengingat kembali nilai-nilai dan kode etik yang tertanam dalam diri penyelenggara. Bahkan menurutnya, tanpa lembaga DKPP pun, integritas diri penyelenggara harus tetap ada. Sebab, pemilu yang berintegritas menjadi salah satu ukuran utama demokrasi suatu negara. Ia juga meyakini, pemilu yang berintegritas salah satunya ditentukan oleh penyelenggara pemilu yang juga berintegritas.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga menyampaikan ucapan terima kasihnya atas dukungan Kemendagri dalam menyokong operasional organisasi lembaga DKPP. Ia pun mengungkapkan, dengan dukungan itu, Kemendagri tak pernah sedikitpun melakukan intervensi.

“Saya dan anggota DKPP juga berterima kasih kepada Bapak Menteri dan Sekjen Kemendagri atas dukungan selama ini kepada DKPP, seperti yang selalu diingatkan oleh Bapak Mendagri di forum-forum, bahwa Kemendagri itu hanya mendukung operasional saja, anggaran, sumber daya, terkait tupoksi Alhamdulillah Pak Menteri dan jajaran Kemendagri tidak pernah sekalipun, sedikit pun, melakukan intervensi,” ungkapnya. (TB-R)

0 Komentar