Usai Menyantap Makanan Syukuran Puluhan Warga Cibadak Sukabumi Keracunan

Redaksi
Rabu, 05 Juni 2024 | 08:27 WIB Last Updated 2024-06-05T01:28:26Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Puluhan warga mengalami Keracunan Usai menyantap makanan di acara hajatan pernikahan di salah satu rumah warga, tepatnya di Kampung Cikiwul Lebak, RT 01/RW 02, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak,Kabupaten Sukabumi,Jawa Barat, Minggu (02/06/2024) lalu. 

menurut informasi yang dihimpun terbit.id, Anggota Unit Reskrim Polsek Cibadak, Bripka Rizal mengatakan, bahwa pada awalnya sebanyak 49 warga diduga mengalami keracunan setelah menyantap makanan di acara hajatan pernikahan di Kampung Cikiwul, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak. 

"Kemudian kami melakukan penyelidikan dan meminta keterangan, bahwa pada Minggu pukul 16.00 WIB, pada saat itu ada acara syukuran hajatan pernikahan,setelah selesai menyantap makanan warga mulai merasa mual-mual,Selasa (04/06) sekitar pukul 18.30 WIB,” ujarnya pada Selasa (04/06/2024) malam.

Lanjut Rizal, bahwa menurut keterangan beberapa saksi, saat acara digelar pada hari minggu, kemudian hari seninnya sudah ada yang terkena dampak dari gejala keracunan. 

"Jumlahnya kurang lebih 5 orang,hanya informasinya belum ramai, sehingga kami belum dapat informasi, akan tetapi ke 5 orang yang keracunan pada Senin itu, sekarang kondisinya sudah membaik,” ungkapnya, 

Menurutnya, ketika saat melakukan pemeriksaan hidangan yang disajikan pada acara syukuran tersebut berupa sambal goreng, nasi, opor ayam, bihun. Semua makanan yang dihidangkan pada acara syukuran tersebut, diketahui terdapat beberapa jenis makanan yang di beli dari luar.

"Namun sebagian makanan lainnya telah dimasak di lokasi hajatan, kini 
beberapa jenis makanan sudah diambil sample untuk dilakukan uji lab, "jelasnya.

Pada saat melakukan syukuran hajatan tersebut,terdapat sekitar 60 lebih warga yang menyantap hidangan makanan di acara tersebut,dan yang terkena dampak itu ada sekitar 49 orang.

"Yang keracunan tersebut salah satu diantaranya yaitu calon pengantinnya,  kemungkinan besar ini bisa bertambah lagi,”kata dia. 

Masih kata Rizal, bahwa berdasarkan pengakuan dan keterangan dari salah satu korban yang mengalami keracunan ,awalnya mereka mengalami sakit mual-mual, pusing, demam, muntah-muntah, dehidrasi dan diare.

"Warga yang mengalami dugaan keracunan tersebut sekitar pukul 18.30 WIB yaitu sebanyak 49 orang,” ungkapnya. 

Kini untuk memastikan kesehatan puluhan korban yang diduga mengalami keracunan makanan tersebut, petugas gabungan telah bekerjasama untuk mengevakuasi mereka untuk mendapatkan tindakan medis.

"mereka lalu di bawa ke RSUD Sekarwangi Cibadak untuk dilakukan tindakan medis dan sebagian ada juga yang di bawa ke Puskesmas terdekat,” pungkasnya



Redaktur : U. Suherman
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Usai Menyantap Makanan Syukuran Puluhan Warga Cibadak Sukabumi Keracunan

Trending Now

Iklan