Ketua Panwascam Parungkuda Lantik Delapan Anggota PKD untuk Pemilukada 2024

Redaksi
Minggu, 02 Juni 2024 | 14:05 WIB Last Updated 2024-06-02T07:06:53Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Parungkuda, resmi melantik delapan anggota Panitia Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) untuk Pemilukada serentak tahun 2024. Prosesi pelantikan dan pembekalan Bimbingan Teknis (Bimtek) tersebut berlangsung di Aula Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (2/6/2024).

Pantauan terbit.id, Pelantikan dan Pembekalan Bimtek Tugas PKD dihadiri oleh berbagai pihak termasuk Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Parungkuda, Ketua APDESI Parungkuda, Ketua PPK Parungkuda, serta perwakilan OKP dan Ormas. 

Ketua Panwas Parungkuda, Asep Saepul Rohman, menyatakan bahwa delapan anggota PKD terpilih dari 13 peserta wawancara. 

"Tugas pertama untuk anggota PKD adalah mempersiapkan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di tingkat desa. Proses ini dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS)," jelas Saepul kepada terbit.id.

Saepul menambahkan, sesuai dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 17 Tahun 2023, PKD memiliki tanggung jawab besar dalam mengawasi tahapan penyelenggaraan Pemilihan di tingkat kelurahan atau desa.

Saepul menegaskan, "Panwaslu Kelurahan/Desa bertugas mengawasi pelaksanaan tahapan Penyelenggaraan Pemilihan, menerima laporan dugaan pelanggaran, meneruskan temuan kepada instansi berwenang, dan memberikan rekomendasi atas temuan yang mengandung unsur tindak pidana Pemilihan," tandasnya. 

Kepala Sekretariat Panwascam, Lazuardi, menekankan pentingnya pelaksanaan tugas pertama PKD yaitu pemutakhiran data Pemilih. 

"Tugas pertama yang akan dilaksanakan adalah pemutakhiran data Pemilih berdasarkan data kependudukan dan penetapan Daftar Pemilih Sementara, Daftar Pemilih hasil perbaikan, dan Daftar Pemilih Tetap," terang Lazuardi.

Ditempat yang sama, Ketua PPK Parungkuda, Sahrul Ramadan, mengucapkan selamat kepada seluruh anggota PKD yang telah dilantik.

 "Dengan dilantiknya PKD, saya berharap pelaksanaan tahapan-tahapan Pilkada dapat berjalan baik sesuai amanat undang-undang, bekerja beriringan dan berdampingan untuk menyelenggarakan pemilihan yang baik dan sukses," ungkap Sahrul.

Sahrul juga berharap komunikasi dan koordinasi yang baik antara semua pihak agar tercipta sinergitas dan demokrasi yang berkualitas. "Komunikasi dan koordinasi selalu terjalin dengan baik agar menghasilkan sinergitas dan demokrasi yang berkualitas," pungkasnya.



Editor : R.Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ketua Panwascam Parungkuda Lantik Delapan Anggota PKD untuk Pemilukada 2024

Trending Now

Iklan