BKSDA Tinjau Lokasi Kawanan Monyet Liar Meresahkan Warga Nagrak Sukabumi

Redaksi
Selasa, 04 Juni 2024 | 12:46 WIB Last Updated 2024-06-04T05:47:55Z


TERBIT.ID, Sukabumi - Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan unsur Dinas Kehutanan Kabupaten Sukabumi di dampingi P2BK Nagrak meninjau lokasi adanya satwa liar yang meresahkan warga di Kampung Kubang RT 03/05, Desa Cisarua, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (04/06/2024).

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan ( P2BK) Nagrak Miki mengatakan, bahwa sebelumnya pihak P2BK Nagrak mendapatkan laporan dari warga terkait adanya hewan liar jenis monyet ekor panjang yang telah meresahkan warga.

"Hewan liar jenis monyet ekor panjang tersebut turun dan masuk ke pemukiman warga," ujarnya kepada terbit.id.


Lanjut Miki, menindaklanjuti hal tersebut pihaknya bersama petugas dari BKSDA dan Dinas Kehutanan meninjau langsung lokasi keberadaan hewan liar tersebut dan memberikan imbauan kepada warga sekitar dengan adanya hewan liar jenis monyet ekor panjang hingga meresahkan warga.

" Saya menghimbau kepada warga setempat agar menghindari pemberian makanan, dikarenakan akan mengakibatkan perubahan perilaku hingga menjadikan satwa tersebut akan semakin sering mendekati pemukiman,"jelasnya.

Menurutnya, bahwa pihak dari petugas
BKSDA telah menyimpulkan harus diupayakan penangkapan satwa liar tersebut, sehingga dibutuhkan kerjasama dengan unsur LSM (tim evakuasi khusus), Pemdes, Kecamatan, TNI, Polri, dan pemilik lahan yang diduga tempat bersembunyi satwa liar tersebut.

"Bahwa tindak-lanjut dari peninjauan tersebut, BKSDA menunggu informasi selanjutnya  untuk proses evakuasi," pungkasnya.


Redaktur  : U.Suherman

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BKSDA Tinjau Lokasi Kawanan Monyet Liar Meresahkan Warga Nagrak Sukabumi

Trending Now

Iklan