Usia 99 Tahun Nenek Engkah Calon Jemaah Haji Tertua Asal Desa Tangkil Cidahu Sukabumi

Redaksi
Kamis, 09 Mei 2024 | 14:39 WIB Last Updated 2024-05-12T02:27:21Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Nenek Engkah warga Kampung Ciseke RT 28/06, Desa Tangkil, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merupakan calon jemaah haji dengan usia 99 tahun (Kelahiran 6 Pebruari 1925) asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Calon jemaah haji tertua. 

Menurut Anak Kandungnya Titin (52 tahun) mengatakan, bahwa ibunya tersebut akan melaksanakan Ibadah Haji asal Sukabumi dengan kloter 40 melalui Embarkasi Bekasi. 

"Nenek Engkah berangkat untuk menunaikan ibadah haji didampingi oleh anak pertamanya  yaitu Hj Solihat (70 tahun) bersama Suaminya yaitu H Kosasih (80 tahun)," Ujarnya kepada terbit.id Kamis (09/05/2024). 

Lanjut Tintin, bahwa ibunya dengan usia 99 tahun ini terlihat kondisinya secara jasmani dan rohani masih sehat dan Alhamdulillah tahun ini ia bisa berangkat menunaikan ibadah Haji ke Mekah dengan di dampingi anak dan menantunya. 

"Kondisi Nenek Engkah memang sehat walapun sudah usia 99 tahun, keseharian beliau memang sangat aktif, baik mengikuti pengajian di madrasah walaupun dengan jarak tempuh yang cukup jauh, Nenek tetap berjalan kaki," jelasnya. 

Menurutnya, ibunya tersebut bisa berangkat menunaikan ibadah haji bersama dengan anak dan menantunya dengan di biayai oleh Cucunya. 

"Jadi segala urusan administrasi telah selesai di urus oleh cucunya, Nenek tinggal berangkat saja," pungkasnya. 

Sementara anak Nenek Engkah Hj Solihat (70 tahun) menyampaikan, bahwa keberangkatan menunaikan ibadah haji ini yang ke dua kalinya dan kali ini ia ingin berangkat untuk mendampingi ibunya. 

"Nenek Engkah ibunya mendaptar untuk Calon Jemaah Haji sejak tahun 2013," jelasnya. 

Lanjut Solihat, bahwa sejak daftar pada 2013, jadi selama 11 tahun Nenek Engkah sudah tiga kali ditetapkan untuk berangkat. Namun karena khawatir harus pergi sendiri tanpa ada pendampingan keluarga akhirnya diundur. 

"Alhamdulillah, tahun ini bisa berangkat dan saya bisa mendampingi emak untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini,"pungkasnya.




Reporter : Usep Suherman
Redaktur : Iyang sud
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Usia 99 Tahun Nenek Engkah Calon Jemaah Haji Tertua Asal Desa Tangkil Cidahu Sukabumi

Trending Now

Iklan