Taat Pajak Jalan Rusak, Swadaya Masyarakat Kolaborasi dengan Komunitas Perbaiki Jalan Kabupaten di Cidahu Sukabumi

Redaksi
Rabu, 15 Mei 2024 | 15:31 WIB Last Updated 2024-05-15T08:33:05Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Warga Cidahu bersama Ormas dan Komunitas melaksanakan perbaikan Jalan Kabupaten melalui anggaran Swadaya tepatnya di Ruas Jalan Raya Cidahu Kampung Pasir Rengit RT 06/06, Desa Jaya Bakti, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (15/05/2024). 

Ketua panitia pelaksana sekaligus sebagai Ketua PAC PP Kecamatan Cidahu Khudaefi mengatakan, bahwa kegiatan Bakti sosial pengecoran jalan Cidahu ini  dilaksanakan oleh warga masyarakat, Ormas PP dan Komunitas Blasblus dan persiapan sudah dari hari Sabtu (11/05/2024). 

"Pengecoran jalan ini dengan panjang 30 meter dan lebar 4 meter dengan menggunakan anggaran dari Swadaya masyarakat," ujarnya kepada terbit.id.

Lanjut Khudaefi, mungkin selama ini jalan Cidahu tidak tersentuh oleh Pemerintah Daerah (Pemda)sehingga melalui kolaborasi antara warga masyarakat, Ormas PP dan Komunitas Blasblus melalui anggaran Swadaya masyarakat bisa merealisasikan perbaikan jalan Cidahu ini. 

"Karena banyaknya keluhan dari warga masyarakat sehingga hal ini memicu semangat kami untuk melakukan perbaikan jalan rusak ini," jelasnya. 

Menurutnya, antusias warga masyarakat dengan bergotong- royong masih cukup tinggi sekitar 40 orang turun langsung membantu pekerjaan pengecoran ini dengan harapan agar kedepannya masyarakat bisa menjaga jalan ini dengan baik. 

"Alhamdulillah, anggaran Swadaya dari masyarakat sekitar Rp 10 juta bisa terealisasikan untuk perbaikan jalan ini, kepada Pemerintah Kabupaten tolong di perhatikan karena kami juga bayar pajak," pungkasnya. 

Sementara itu tokoh masyarakat Abdullah mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan audien dengan pihak Kecamatan akan tetapi sampai hari ini belum ada tindak lanjut terkait perbaikan jalan Cidahu ini. 

"Malah informasi yang berkembang bahwa jalan ini tidak masuk list atau daftar anggaran yang di ajukan di tahun 2024 ini," jelasnya. 

Menurutnya, kalau jalan ini tidak di ajukan bagaimana ikut sertanya pemerintah Desa dan Kecamatan selama ini, jangan jadi alasan bahwa ini merupakan jalan Kabupaten. 

"Maka dengan inisiatif warga bersama elemen masyarakat kita lakukan perbaikan melalui Swadaya masyarakat, kalau bukan kita siapa lagi, jangan selalu berkata anggaran pemerintah selalu kurang," kata dia 

Kata Abdul, bahwa pihaknya hari ini bisa membuktikan melalui anggaran  Swadaya masyarakat tinggal bagaimana sekarang Pemerintah, karena jalan di Kecamatan Cidahu, jalan yang benar itu hanya 30 ℅, selebihnya rusak semua,"pungkasnya.

Pengecoran ruas jalan Cidahu ini dihadiri langsung oleh tokoh masyarakat dan juga Kapolsek Cidahu AKP Ahmad Suryana Bande di dampingi oleh Bhabinkamtibmas. 




Reporter : Usep Suherman
Redaktur : Iyang Sud
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Taat Pajak Jalan Rusak, Swadaya Masyarakat Kolaborasi dengan Komunitas Perbaiki Jalan Kabupaten di Cidahu Sukabumi

Trending Now

Iklan