Sebelum Libur Akhir Tahun Ini, Perbaikan Permanen Pasca Longsor Tol Bocimi Kelar

Redaksi
Sabtu, 25 Mei 2024 | 14:46 WIB Last Updated 2024-05-25T07:48:33Z
Kondisi Tol Bocimi KM 64+600 yang Longsor. Foto : Usep Suherman

TERBIT.ID, Jakarta - Perbaikan ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) ruas Ciawi-Sukabumi KM 64+600 setelah longsor terjadi pada 3 April 2024. Kementerian PUPR menargetkan penanganan permanen pasca longsor dapat selesai sebelum libur Natal dan Tahun Baru 2025

Hal itu disampaikan Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Apri Artoto saat Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI di Jalan Tol Bocimi, Rabu (22/05/2024).

Penanganan diharapkan selesai sebelum libur Natal dan tahun baru ini, karena libur Natal dan tahun baru sebelumnya trafik jalan tol ini cukup tinggi, jika tidak difungsikan ruas tol Ciawi-Sukabumi ini maka akan mengalami kemacetan cukup parah di jalan nasional," jelasnya dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Sejauh ini, telah dilakukan penanganan sementara antara lain pemasangan steel sheet pile pada lokasi Jalan Tol Bocimi yang longsor.

Sementara untuk penanganan permanen, terdapat dua alternatif, yaitu pemasangan soldier pile sepanjang 60 meter dengan waktu pemasangan empat bulan dan pembuatan jembatan 2 x 25 meter dengan waktu pelaksanaan lima bulan.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi V DPR RI yang juga menjadi ketua rombongan Kunker Spesifik tersebut, Roberth Rouw meminta pemerintah agar segera melakukan penanganan terbaik Jalan Tol Bocimi KM 64+600. 

"Ini menjadi satu perhatian Komisi V untuk melihat dan mendorong pemerintah untuk melakukan tindakan agar tahun ini bisa berfungsi kembali. Kita tahu betul tol ini sangat diharapkan oleh masyarakat, karena memang banyak kemacetan di jalan nasional menuju Sukabumi," terangnya.

Roberth juga meminta agar pemerintah melakukan evaluasi atas kejadian longsor tersebut dan dapat melaporkan kepada Komisi V DPR RI terkait opsi terpilih dalam penanganan permanen longsor jalan tol tersebut.



Reporter  : Usep Suherman
Redaktur :  R.Cking

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sebelum Libur Akhir Tahun Ini, Perbaikan Permanen Pasca Longsor Tol Bocimi Kelar

Trending Now

Iklan