Rutin Kelurahan Cicurug Sukabumi Donor Darah

Redaksi
Rabu, 22 Mei 2024 | 14:40 WIB Last Updated 2024-05-22T07:42:11Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Kelurahan Cicurug bekerja sama dengan PMI Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan Donor darah, bertempat di Aula Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat,Rabu (22/05/2024). 

Lurah Cicurug Saep Purnama mengatakan, bahwa pelaksanaan kegiatan donor darah ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap triwulan dan bekerjasama dengan pelayanan donor darah Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Sukabumi. 

"Mengingat bahwa pelaksanaan kegiatan donor darah ini memang sudah menjadi agenda rutin di Kelurahan Cicurug," ujarnya kepada terbit.id.

Lanjut Saep, memang acara kegiatan donor darah tersebut sebetulnya pelaksanaannya jatuh pada bulan maret 2024 lalu, akan tetapi mengingat saat itu dalam kondisi bulan suci Ramadhan akhirnya kegiatan donor darah bisa dilaksanakan pada hari ini sesuai dengan jadwal dari pihak UTD PMI Kabupaten Sukabumi. 

"Alhamdulillah, antusias warga masyarakat mengenai donor darah ini sangat baik, terbukti hari ini sebanyak 27 orang mendonorkan darahnya," singkatnya.

Sementara itu Analis Transfusi donor darah UTD PMI Kabupaten Sukabumi Agus Sukisman mengatakan, pihaknya memang secara rutin selalu melaksanakan agenda kegiatan donor darah bersama dengan pihak Kelurahan Cicurug. 

"Untuk pendonor yang datang hari ini dengan target sekitar 60 orang, namun setelah melalui hasil pemeriksaaan hanya sebanyak 27 orang yang bisa lolos melaksanakan donor darah," ujarnya. 

Lanjut Agus, bahwa untuk hasil darah dari ke 27 orang ini sebanyak 13 labu untuk golongan darah A, 5 labu untuk golongan darah B, 7 labu untuk golongan darah O dan 2 labu untuk golongan darah AB. 

"Iya, sedangkan untuk pendonor yang ditolak karena tidak memenuhi beberapa syarat sesuai dengan beberapa kriteria," katanya. 

Menurutnya, bahwa sementara ini ketersediaan darah khususnya di PMI Kabupaten Sukabumi untuk ketersediaan stok darah dapat terpenuhi dan ini cukup aman, sedangkan dari hasil darah hari ini nanti akan di distribusikan ke Rumah sakit di Kabupaten Sukabumi. 

"Allhamdulillah dengan adanya kegiatan donor darah ini semoga kebutuhan darah bisa terpenuhi dengan baik, dan untuk masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya juga akan semakin banyak lagi," pungkasnya. 




Reporter  : Usep Suherman
Redaktur : R.Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rutin Kelurahan Cicurug Sukabumi Donor Darah

Trending Now

Iklan