Hadir Destinasi Wisata Baru di Sukosari: Wahana Kolam Renang Hills View Siap Manjakan Wisatawan

Redaksi
Minggu, 19 Mei 2024 | 13:11 WIB Last Updated 2024-05-19T06:30:16Z
Ribuan Warga Meriahkan Pre Unveiling Kolam Renang Hills View Desa Sukosari Dagangan Madiun

TERBIT.ID, Madiun - Kehadiran Wisata Pangonan di Desa Sukosari, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Wisata Pangonan dengan konsep Hills View, menambah daya tarik para wisatawan serta segarnya air kolam renang membuat betah berlama-lama di spot wisata air. 

Pantauan terbit.id, Pra pembukaan wisata air baru dengan konsep Hills View, pada Minggu (19/5/2024), dipadati oleh ribuan wisatawan lokal dari warga setempat terlihat antusias menikmati segarnya air kolam renang 'Wisata Pangonan'.

Kepala Desa Sukosari, Kusno, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pembangunan kolam renang ini adalah langkah awal dari serangkaian fasilitas wisata yang akan terus dikembangkan.

"Pembangunan yang saat ini sudah jadi dan dapat dimanfaatkan warga adalah kolam renang. Sedangkan spot kuliner, kolam pemancingan, bumi perkemahan, dan lainnya akan dibangun bertahap dengan pola pendanaan multiplayer (tahun jamak)," jelas Kusno.

Kolam renang yang dibangun menggunakan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) tahun anggaran 2022 sebesar Rp. 600 juta ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai kategori pengguna, yaitu anak-anak, remaja, dan dewasa. Kolam renang berukuran 29 meter x 25 meter dengan kedalaman yang bervariasi sesuai kategori pengguna. 

"Menurut ahli di Dinas PU yang saya mintai pendapat, dana Rp. 600 juta itu telah memadai atau masuk akal untuk membangun kolam renang ini," tambahnya.

Selain wahana kolam renang, fasilitas pendukung seperti kamar bilas, toilet, area tunggu, tempat parkir, taman, dan kelengkapan lainnya juga telah disiapkan. Pembangunan ini dikerjakan secara swakelola oleh warga desa setempat, menunjukkan semangat gotong royong dan partisipasi masyarakat dalam memajukan desanya.

Ke depan, pemerintah desa berencana menggratiskan pengunjung selama masa pra pembukaan. Kusno menambahkan bahwa pihaknya akan segera menggelar rapat untuk menentukan harga tanda masuk (HTM) serta pemasangan rambu-rambu keselamatan dan fasilitas lainnya. Pembangunan seluruh fasilitas wisata ini ditargetkan selesai pada tahun 2027, dengan memanfaatkan lahan kas desa seluas 2 hektar.

"Dengan pesona alam dan berbagai fasilitas yang akan segera dibangun, kolam renang Hills View di Desa Sukosari ini diharapkan mampu menjadi destinasi wisata favorit, tidak hanya bagi warga setempat tetapi juga bagi wisatawan dari berbagai daerah," pungkas Kusno. 

Seorang pengunjung, Salsa, mengungkapkan rasa syukurnya atas keberadaan kolam renang ini. "Tentu enak di sini. Jelas biayanya tidak banyak. Selain itu, karena lokasinya dekat rumah, tentu tidak perlu capek-capek," singkat Salsa, seraya menemani anaknya yang asyik bermain di kolam anak-anak.

Kebahagiaan juga dirasakan oleh salah satu pengunjung anak-anak, Aviani mengungkapkan rasa yang senang bisa bermain air di kolam besar. 

"Enak, Pak, bisa jeburan air di sini sepuasnya. Dalamnya se pinggang saya. Rame main air sama teman-teman saya. Wah...pokoknya saya nanti ngajak ibu saya main air lagi di sini," celoteh Aviani penuh semangat.



Kontrol : Fin. 
Editor    : R.Cking.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hadir Destinasi Wisata Baru di Sukosari: Wahana Kolam Renang Hills View Siap Manjakan Wisatawan

Trending Now

Iklan