Kerja Keras Semua Unsur Evakuasi Longsor, Jalur Utama Sukabumi-Bogor Kembali Normal

Redaksi
Selasa, 02 April 2024 | 13:09 WIB Last Updated 2024-04-02T06:11:26Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Dampak longsor tebing setinggi 15 meter di Kampung Cipanggulaan RT 06/07 Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengakibatkan  tertutupnya jalur utama Sukabumi-Bogor, terjadi pada Senin (1/4/2024). 

Pantauan terbit.id, pasca longsor yang sempat menutup akses utama Sukabumi-Bogor siang ini Selasa(2/4/2024)sekira pukul 12.00 WIB, kondisi TKP longsor sudah normal kembali dan bisa dilalui oleh kendaraan sejak pukul 08.00 WIB. 

Sinergitas dari semua unsur diantaranya, BPBD Kabupaten Sukabumi, TNI-POLRI, PPK 21 Wilayah Jawa Barat Kementerian PUPR, Damkar, PT Waskita, PT Star Comgistic Indonesia (Starcom)Parungkuda, PT Marko Wijaya Mandiri, Relawan, bekerja keras mengevakuasi material longsoran tanah dan rumpun bambu. 

Petugas PPK 21 Jawa Barat Kementerian PUPR Warso mengatakan, Longsor yang terjadi di Jalan raya Siliwangi Parungkuda Sukabumi ini adalah lahan tebing milik PT Doosan (Garmen). 

"Karena lahan tebing milik PT Doosan maka kami nanti akan konfirmasi ke pihak perusahaan, agar kedepannya area tersebut lebih aman, karena sangat membahayakan pengguna jalan Nasional ini," jelas Warso. 

Pihaknya bekerjasama unsur terkait semaksimal mungkin untuk mengevakuasi tanah dan rumpun bambu serta akar pohon yang menutup jalan, sehingga arus lalu lintas bisa cepat kembali lancar. 

Lebih lanjut Warso, pada pelaksanaan evakuasi longsoran, pihaknya selalu koordinasi dengan seluruh pihak baik pemerintah daerah dalam hal ini Dinas terkait, juga beberapa perusahaan swasta yang ada di Parungkuda. 

"Setelah koordinasi dengan Unsur-unsur terkait, Alhamdulillah, ada empat unit alat berat yang dihadirkan bantuan dari PT Star Comgistic Indonesia Starcom menurunkan satu unit alat Berat, PT Waskita, dari Dinas dan PT Marko Wijaya Mandiri, masing-masing menurunkan satu unit alat berat, dan Damkar menurunkan dua unit untuk membersihkan lumpur," ungkap Warso. 

Menurutnya, berkat kerjasama berbagi unsur sehingga pagi ini sekira pukul 08.00 WIB ruas jalan Nasional bisa kembali normal. 

" Kami ucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada semua unsur yang telah membantu dan terlibat dalam evakuasi longsor ini hingga selesai hingga arus lalu lintas kembali normal," pungkasnya. 




Editor : R.Cking.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kerja Keras Semua Unsur Evakuasi Longsor, Jalur Utama Sukabumi-Bogor Kembali Normal

Trending Now

Iklan