Kedinginan Hingga Keseleo, Sejumlah Pendaki Gunung Salak Dievakuasi

Redaksi
Sabtu, 20 April 2024 | 17:46 WIB Last Updated 2024-04-20T10:47:52Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Sejumlah pendaki dievakuasi turun dari Gunung Salak ke pos pendakian Citaman, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Para pendaki itu dievakuasi karena mengalami hipotermia, kelelahan hingga keseleo.

Total ada 7 pendaki yang dievakuasi sejak Kamis (11/4) hingga Rabu (17/4) oleh relawan divisi SAR Khatulistiwa. 7 pendaki terdiri dari 3 laki-laki dan 4 perempuan.

Ketua sekaligus pendiri yayasan Khatulistiwa, Jajang Yusuf mengatakan para pendaki itu melakukan pendakian secara tektokan ke puncak manik 1. Biasanya mereka naik pada pagi lalu turun ketika sore dan terkadang malam.

Sehingga ketika melakukan perjalanan turun dari gunung, mereka mengalami hipotermia, kelelahan hingga keseleo. “Biasanya para pendaki itu dievakuasi di pos 4. Di jalur pendakian Gunung Salak itu ada 6 pos,” kata Jajang, Kamis (18/4).

Kendati demikian, tak ada pendaki yang sampai dibawa ke rumah sakit. Mereka dapat pulih setelah ditangani relawan SAR Khatulistiwa.

Jajang menuturkan sebanyak 6 hingga 8 orang relawan SAR Khatulistiwa bersiaga di pos pendakian Citaman. Ketika ada yang membutuhkan evakuasi, maka seluruh tim akan dikerahkan.

“Kalau ada trouble baru pada turun semua bantu evakuasi, karena kalau evakuasi di gunung butuh orang banyak untuk estafet buat menandu pendaki,” pungkasnya. 


Redaktur : Andri Somantri
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kedinginan Hingga Keseleo, Sejumlah Pendaki Gunung Salak Dievakuasi

Trending Now

Iklan