Inisiatif Atur Lalu-lintas di Jalur Alternatif Menjadi Berkah Warga Parungkuda

Redaksi
Sabtu, 06 April 2024 | 15:55 WIB Last Updated 2024-04-17T03:19:03Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Pasca longsornya tol Bocimi di Seksi 2 Cigombong-Parungkuda, yang terjadi di KM 64, Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengakibatkan gerbang tol tersebut ditutup, sementara arus kendaraan pemudik yang melewati jalan protokol Bogor - Sukabumi terus mengular terutama pada puncak arus mudik Lebaran 2024 ini.

 Untuk mempercepat waktu tempuh dari Bogor ke Sukabumi para pemudik menggunakan jalan alternatif, seperti jalan alternatif Tenjoayu - Warungceuri kecamatan Parungkuda. Hal tersebut dimanfaatkan oleh warga Kampung warung Ceuri. 

Sepanjang jalur pengendara harus berhati-hati karena jalan yang dilalui sempit dan berkelok, warga berinisiatif membantu kelancaran arus kendaraan.

"Kami inisiatif saja bantu atur mobil yang berpapasan supaya kendaraan tidak numpuk di satu titik" ujar Irwan (29)  warga Kampung Warung Ceuri Rt 11/05 Desa Pondokaso landeuh Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi. Sabtu (6/4/2024).

Irwan bersama enam rekannya mengatur lalu-lintas pemudik terutama di tikungan dan jalan sempit sebelum keluar jalan protokol Ciutara.

 "Secara bergiliran kami mengatur kendaraan dari pagi hingga malam hari, terutama hari ini terlihat banyak mobil yang lewat jalan ini" ujarnya Irwan, sambil memberi aba-aba pada kendaraan yang melintas.

Dengan inisitif ini, Irwan mengaku kerap dikasih tips oleh pengendara yang melintas. "Saya tidak maksa minta tapi ada aja yang memberi secara ikhlas ya diterima" ungkapnya sambil tersipu.

Diakuinya Irwan, dari tips yang diterima itu, dikumpulkan kemudian hasilnya dibagi dengan rekannya.

"Alhamdulillah, paling tidak Rp50 ribu sehari masing-masing bisa mengantongi rezeki" terang mantan buruh pabrik yang sudah tidak kerja lagi lantaran perusahaannya bangkrut. 



Editor : Iyang Sud. 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Inisiatif Atur Lalu-lintas di Jalur Alternatif Menjadi Berkah Warga Parungkuda

Trending Now

Iklan