Longsor di Cibadak Sukabumi Menimbun 10 Rumah dan Belasan Terancam

Redaksi
Rabu, 24 Januari 2024 | 10:55 WIB Last Updated 2024-01-24T03:56:46Z

TERBIT.ID, Sukabumi - Dampak hujan dengan intensitas panjang mengakibatkan longsor menimbun sepuluh rumah di kampung Cibatu RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Rabu (24/1/2024).

Kepala Desa Sekarwangi Abeng Baneuri membenarkan, kejadian longsor yang menimpa wilayahnya.

“Sekitar jam 6 WIB saya ditelpon sama ketua RW bahwa ada bunyi yang mencurigakan diatas, nah setelah itu langsung saya pergi ke atas ternyata betul udah ada beberapa rumpun bambu yang sudah agak miring atau condong, dan bunyi kletak-kletek, itu dimungkin bunyi suara pecahan bambu," jelas Abeng. 

Setelah ia melihat ada potensi longsor, pihaknya mengintruksikan kepada warga yang berada di bawah Perum Atlantis agar segera keluar dari rumah lantaran ada lebih dari 10 rumah yang rawan terancam longsor dan diharuskan untuk mengungsi.

" Saya melihat ada potensi longsor maka saya langsung menginstruksikan kepada warga yang di bawah karena ada lebih dari 10 rumah yang terancam longsor dan diharuskan harus segera keluar rumah untuk mengungsi dan Alhamdulillah semuanya sudah keluar,” ungkapnya. 

Dikatakan Abeng, kejadian tepat pukul 06.30 WIB terjadi longsor. Longsor itu memang tidak sekaligus karena memang terhalang oleh bambu-bambu.

“Sampai saat ini pergerakan tanah masih tetap terjadi dan rumah warga yang tertimbun sampai saat ini sudah ada 10 rumah dan di bawah yang satu arah dengan longsoran itu, ada 4 rumah yang terancam dan masih berdiri. Nah ini, saat ini kami khawatir terjadi longsor susulan karena tanahnya masih terus bergerak.

“ 10 rumah yang tertimbun longsor itu, untuk sementara telah dievakuasi ke rumah saudara dan tetangga terdekatnya yang lebih aman dari ancaman bencana alam itu. Karena kami menguatkan keselamatan jiwa daripada harta benda yang lainnya. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” tandasnya. 

Sementara itu Ketua RW 11 iyan Sopyan mengatakan, berawal dari laporan warga pada pukul 06.00 Wib bahwa rumah sudah rata dengan tanah akibat tertimbun longsor.

" Saya melihat bangunan perum Atlantis sudah rata dengan tanah . Alhamdulillah semua warga yang berada di bawah Perumahan Atlantis saya suruh keluar dari rumah masing-masing,” ucapnya. 

Iyan menyebut, “tidak ada korban satupun, namun ada sekitar delapan rumah yang sudah tertimbun. 

" Selain itu masih ada 14 rumah lagi yang menurutnya masih terbilang sangat rawan pergerakan tanah," tutupnya. 


Editor  : R.Cking.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Longsor di Cibadak Sukabumi Menimbun 10 Rumah dan Belasan Terancam

Trending Now

Iklan