Diterpa Hujan Angin Pohon Lapuk di Magetan dan Ponorogo Tumbang Melintang Jalan

Redaksi
Minggu, 21 Januari 2024 | 23:38 WIB Last Updated 2024-01-21T16:40:05Z
Petugas mengevakuasi pohon tumbang di jalur utama Kecamatan Takeran - Nguntoronadi, tepatnya di Desa Kiringan, Kecamatan Takeran, Minggu (21/1/2024) sore. Foto : Fin. 

TERBIT.ID, Magetan - Dampak hujan disertai angin mengakibatkan pohon tumbang di jalur utama Kecamatan Takeran - Nguntoronadi, tepatnya di Desa Kiringan, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan, serta di Jalan Letjen Sukowati, Desa Ngunut, Kecamatan Babadan dan jalan raya Desa Ngrupit, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, hingga menyebabkan kemacetan arus lalu lintas, pada Minggu (21/1/2024) sore. 

Saat dihubungi terbit.id, Kepala Desa Kiringan Triyono Bambang Danarto membenarkan adanya pohon tumbang akibat hujan disertai angin di jalur utama Kecamatan Takeran - Nguntoronadi. 

" Iya benar, memang ada pohon tumbang di wilayah saya. Saya mendapat laporan dari warga saya. Tapi ini saya masih di luar kota," ujar Triyono. 

Triyono menambahkan, yang roboh jenis pohon kepuh diameter 150 melintang hingga menutup jalur utama Kecamatan Takeran - Nguntoronadi," imbuhnya. 

Sementara itu petugas BPBD Kabupaten Magetan Iwan mengatakan, Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Letjen Sukowati, Desa Ngunut, Kecamatan Babadan dan jalan raya Desa Ngrupit, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, dekat Kampus 2 IAIN.

Sebelum ditangani petugas BPBD, TNI, POLRI, warga setempat dan pihak terkait lainnya, posisi batang yang merintangi jalan itu menyebabkan kemacetan arus lalu lintas. 

"Sebelum kami bersihkan, sempat terjadi kemacetan lalu lintas sepanjang 500 meter, selain karena hujan, kondisi pohonnya memang sudah lapuk," ujarnya. 

Dikatakan Iwan, Sudah terkondisikan yang di Desa Ngunut, Kecamatan Babadan. Kemudian tim BPBD langsung bergeser ke lokasi pohon tumbang dekat Kampus 2 IAIN. 

" Tidak ada laporan timbulnya korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini. Lantaran saat momen ambruknya pohon, tidak terdapat pengguna jalan yang melintas," ucapnya. 

Petugas BPBD menghimbau kepada masyarakat, agar senantiasa meningkatkan kewaspadaannya. Selalu berhati-hati terhadap dampak cuaca ekstrim, demi keselamatan semua pihak. 


Kontributor  : Fin. 
Editor            : R.Cking. 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diterpa Hujan Angin Pohon Lapuk di Magetan dan Ponorogo Tumbang Melintang Jalan

Trending Now

Iklan