Hari Musium Nasional, Disbudpora Kab Sukabumi Gelar Pameran Temporer dan Permainan Anak Jadul

Redaksi
Rabu, 18 Oktober 2023 | 19:17 WIB Last Updated 2023-10-18T12:31:32Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Dengan tema Budaya, pameran temporer digelar oleh Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Sukabumi untuk memperingati Hari Musium Nasional 2023, di Kawasan Monumen Perjuangan Bojongkokosan, Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu,(18/10/2023). 

Pantauan terbit.id, persembahan seni tari budaya Sunda di bawakan oleh pelajar SMA Negeri Parungkuda serta menampilkan berbagai permainan anak jaman dulu seperti egrang, bakiak, dam-daman, gangsing dan tembak-tembakan, serta beberapa stand pameran UKM untuk memeriahkan hari Musium Nasional tahun 2023.

Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Sukabumi Anita Mulyani mengatakan, 
Hari ini memperingati Hari Musium Nasional dan tempatnya tetap di Monumen Perjuangan Palagan Bojongkokosan Parungkuda. 


" Kegiatan ini berjalan dua hari, mudah-mudahan dalam dua hari ini, kenapa kita melaksanakan di area terbuka seperti ini," Ujarnya. 

Di sini Disbudpora hadir dan tampil, untuk masyarakat dan generasi muda, mengenalkan kembali tentang kebudayaan, tentang cagar budaya, jadinya ada di museum Palagan Bojongkokosan. 

" kita menggelar kaulinan barudak, makanan jadul, perlengkapan jadul, zaman dulu, itu ada kaitannya dengan museum, karena museum itu selalu menampilkan hal-hal lama, untuk ditampilkan kembali dan diingat kembali oleh generasi muda," Jelas Anita. 

Menurutnya, Anak-anak sekarang sebenarnya sudah lupa tentang permainan seperti ini, di mana kita mengingatkan kembali, minimal memperkenalkan, karena saya yakin anak sekarang tidak familiar dengan permainan seperti ini (tradisional)," Ungkapnya. 

Lanjut Anita, Salah satunya edukasi, selain itu untuk anak-anak mengenal permainan-permainan tradisional, minimal mereka menghindari bermain gadget yang berlama-lama. 

" Jadi selain bermain gadget, mereka juga memiliki permainan yang memang dikemas untuk usia-usia mereka," Ucapnya. 

Adapun perlombaan yang dilaksankan, vlog dalam rangka hari jadi Kabupaten Sukabumi, dan dirinya mengapresiasi juga di hari Museum ini, yang dinaikan pada saat lomba vlog kemarin, adalah cagar budaya. 

" jadi di mana kita ingin mengetahui, sejauh mana, orang mengenal tentang cagar budaya dan memang animonya sedikit, mungkin salah satunya karena publikasinya yang tidak tersebar luas, kedua ketidak tertarikan anak-anak untuk mengetahui tentang cagar budaya," Terangnya. 

" Jadi salah satu cara adalah, dengan terus menerus kita melaksanakan pameran museum ini, berharap masyarakat luas semakin tau, keberadaan museum dan mengetahui situs-situs budaya di Kabupaten Sukabumi," Pungkasnya. 



Reporter.     : Us. 
Redaktur.     : R.Cking. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hari Musium Nasional, Disbudpora Kab Sukabumi Gelar Pameran Temporer dan Permainan Anak Jadul

Trending Now

Iklan