Pria di Magetan Hendak Bunuh Diri ke Sumur Diselamatkan Oleh Tim SAR dan Warga

Redaksi
Jumat, 15 September 2023 | 23:26 WIB Last Updated 2023-10-31T18:51:34Z

TERBIT.ID I  Magetan - Pujianto (57 tahun) warga Desa Palem, berusaha mengakhiri hidupnya dengan menceburkan diri ke dalam sumur miliknya, Namun beruntung bisa di selamatkan oleh tim SAR dan warga Desa Palem, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Jumat (15/09/2023). 

Berdasarkan informasi yang dihimpun terbit.id  bahwa Istri korban Lasmi mengatakan, dirinya yang pertama kali melihat suaminya tiba-tiba sudah berada di  dalam sumur yang berada di belakang rumahnya yang kedalamanya mencapai sekitar 15 meter. 

"Iya, saya sengaja memang mencarinya, namun diketahui ia sudah berada di dalam sumur dengan kondisi antara hidup dan mati," ujarnya . 

Lanjutnya, begitu mengetahui bahwa suaminya berada di dalam sumur, Lasmi sontak berteriak dan meminta pertolongan warga setempat. Kemudian warga langsung berusaha untuk menolong korban untuk menuruni sumur tersebut. 

"Warga menuruni liang sumur dan mendapati kondisi suaminya itu ternyata masih hidup, meski dalam keadaan pingsan," ungkapnya. 

Petugas BPBD Magetan Sudarsono mengatakan, pihaknya setelah mendapat laporan dari Kepala Desa setempat, kemudian tim menuju lokasi untuk melakukan evakuasi korban yang masih didalam sumur namun sudah di selamatkan oleh warga. 

"Iya, karena warga tidak memiliki perlengkapan SAR yang memadai dan tidak terlatih upaya evakuasi korban kecelakaan air, Jadi warga di bawah bersifat menahan tubuh korban agar stabil dan tidak tenggelam," Jelasnya. 

Selanjutnya tim SAR BPBD Magetan yang  tiba di lokasi langsung melakukan upaya evakuasi dengan teknik turun vertikal, menggunakan tripod dan sejumlah peralatan pendukung SAR lainnya. Lalu korbanpun ditarik keatas. 

"Terlihat kondisi korban masih hidup meski dalam keadaan tak sadarkan diri. Selanjutnya korban langsung dilarikan ke Puskesmas terdekat guna mendapat pertolongan dan akhirnya dirujuk ke RSUD dr. Sayidiman Magetan," ungkapnya. 

Sementara itu Kepala Desa Pelem, Eko Didik Prihandono mengatakan, bahwa sebelumnya mendapat informasi bahwa memang korban diketahui menderita sakit yang cukup lama,kemudian pihaknya mencoba berkunjung ke rumah korban, Namun tidak ketemu, lantaran korban sedang ke Kamar mandi. 

"Nah,istri korban bilang, bahwa kesehatan suaminya sudah membaik. Karena sudah berobat. Kemudian Saya pun lantas pulang. Eh gak lama saya dapat kabar katanya Pak Pujianto kecebur sumur," kata Eko. 

Menurut Eko, diduga korban berniat bunuh diri karena  kesal atas penyakit menahun yang dideritanya. Selain itu, katanya, korban juga sudah tidak lagi bekerja di PG Poerwodadie lantaran terkendala penyakitnya tersebut. 

"Namun mungkin saja ada hal-hal lain yang dipikirkan korban, yang tidak kami ketahui dan saat ini korban sudah sadarkan diri, dan dalam perawatan tenaga medis RSUD dr. Sayidiman Magetan,"pungkasnya.



Reporter   : Fin. 
Redaktur  :  Us. 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pria di Magetan Hendak Bunuh Diri ke Sumur Diselamatkan Oleh Tim SAR dan Warga

Trending Now

Iklan