Kades Cisaat Sukabumi Nanak Sukron Ajak Kesadaran Masyarakat Bersihkan Sungai Dari Sampah

Redaksi
Sabtu, 16 September 2023 | 11:36 WIB Last Updated 2023-09-16T04:38:20Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Kepala Desa Cisaat Nanak Sukron bersama Babinsa, Babinkantibmas, BPD, Masyarakat, Relawan Cisaat Tanggap Bencana (Cigana) dan ratusan pelajar SD bersihkan sampah rumah tangga di sepanjang aliran sungai Cisaat, Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu,(16/9/2023). 

Pantauan terbit.id, ratusan karung berisi sampah rumah tangga yang di sepanjang aliran sungai Cisaat berhasil di angkat oleh para para relawan CIGANA,  Babinsa, Babinkantibmas, BPD, Masyarakat dan ratusan pelajar SD, dikomandoi oleh kepala desa Cisaat. 

Kepada terbit.id, Kepala Desa Cisaat Nanak Sukron mengatakan, Pemerintah desa berinisiatif mengadakan kerjabakti dengan para warga  RT dan RW yang dihadiri Babinsa dan Babinkantibmas dan para tokoh pemuda dan tokoh masyarakat. 

" Dengan bersih aliran sungai ini tujuan kami Pemdes Cisaat ajak relawan Cigana, pelajar SD dan unsur lainnya selain membersihkan sampah juga memberikan contoh agar masyarakat jangan buang sampah sembarangan apalagi ke sungai," Jelas Nanak, Sabtu,(16/9/2023). 

Lebih lanjut Nanak, kegiatan ini sudah menjadi kewajiban sebagai pemimpin, untuk memberi contoh yang baik dan berharap dengan kegiatan gotong royong ini dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. 

" Aliran sungai Cisaat yang di bersihkan dari sampah mulai dari Kampung Cipari RT 01-02, RT 05/02 dan RT 02/02, dengan kegiatan kerja bakti ini sungai Cisaat bersih dari sampah," Paparnya Nanak. 

Program seperti ini sebetulnya bukan hanya harapan Pemerintah Desa Cisaat saja namun juga keinginan Pemerintah Kecamatan dan Pemda, warga masyarakat Desa Cisaat. Agar tercipta lingkungan bersih. 

Diakuinya, bahwa kali sungai cisaat yang saat ini kondisinya di penuhi oleh sampah, rumput dan eceng gondok. Hal itu membuat dirinya bereaksi cepat untuk melakukan pembersihan di sepanjang kali sungai Cisaat.

“ Selain bertujuan normalisasi kali, kegiatan bersih-bersih ini juga bagian dari upaya kita sebagai pemerintah desa untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit yang berbahaya, seperti, demam berdarah, malaria dan diare, akibat tumpukan sampah dan tumbuhan rumput liar eceng gondok,” ucapnya Nanak. 

Pihaknya juga meyakini dengan lingkungan yang bersih dan sehat segala macam penyakit yang identik dengan kebersihan bisa di tekan apa lagi menjelang musim penghujan sudah di pastikan banjir akan mengintai. 

“Menjaga kebersihan lingkungan sudah barang tentu memerlukan kerjasama, antara pemerintah desa dan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” harapnya.

Dengan menciptakan lingkungan yang bersih dan terbebas dari sampah, terlebih pada lingkungan di bantaran sungai sudah menjadi program prioritas Desa. 

“Mari kita sama-sama untuk menjaga dan memelihara lingkungan kita sendiri, karena kalau bukan kita siapa lagi yang bisa menjaga lingkungan agar tetap bersih, sehat aman dan nyaman,”

Nanak menambahkan, Mudah-mudahan kegiatan ini akan di adakan rutin setiap seminggu sekali dan mengucapakan banyak terima kasih kepada staf Desa Cisaat. BPD, Babinsa, Babikantibmas, warga masyarakat, RT.RW pelajar SD yang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih bersih sungai Cisaat  ini.


Reporter.     : Us. 
Redaktur.    : R Cking. 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kades Cisaat Sukabumi Nanak Sukron Ajak Kesadaran Masyarakat Bersihkan Sungai Dari Sampah

Trending Now

Iklan