lr Good Mundur Gunawan, Jembatan Ciceuwol di Jalan Kelas lll Kekuatan Kelas l

Redaksi
Minggu, 03 September 2023 | 19:49 WIB Last Updated 2023-09-03T13:25:04Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Direktur Utama CV Batu Alam Mandiri, Ir Good Mundur Gunawan sampaikan pelaksana pembangunan Jembatan Ciceuwol, Desa Babakanpari, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, di percepat targetnya awal dari 6 bulan menjadi 4 bulan selesai. 

Pantauan terbit.id, panjang jembatan Ciceuwol 12 meter lebar 7 meter, lebih lebar dan panjang dari jembatan awal. Dengan kontruksi beton menjadi andalan kekuatan jembatan hingga maksimal 75 ton. 

Direktur Utama CV Batu Alam Mandiri, Good Mundur Gunawan mengungkapkan rasa syukur atas dukungan masyarakat, aparat, dan faktor cuaca yang mendukung kelancaran proyek ini.

"Alhamdulillah kita ucapkan puji syukur, karena pada hari ini jembatan sudah bisa dibuka, dalam waktu 6 bulan target, dukungan dari masyarakat, dukungan dari aparat, dan dukungan dari cuaca sangat baik," ujar Good kepada terbit.id, Minggu,(3/9/2023). 

Good menyatakan, proyek pembangunan jembatan yang awalnya dijadwalkan memakan waktu 6 bulan berhasil dipercepat menjadi hanya 4 bulan, dan prosesnya berjalan lancar tanpa kendala yang signifikan.

Ia juga menjelaskan bahwa jembatan yang baru dibangun ini memiliki dua jalur, menggantikan jembatan yang lebih sempit sebelumnya. Jembatan ini kelas 1 dengan tonase mencapai 75 ton, menjadikannya istimewa di Kabupaten Sukabumi.

"Dulu terbatas dengan tonase, sekarang meningkatkan tonase, mudah-mudahan bisa mempercepat akses masyarakat dan pertumbuhan ekonomi," tambahnya.

Selain itu, Good juga menekankan pentingnya pemeliharaan rutin untuk menjaga jembatan ini dalam kondisi yang baik. Dia meminta dukungan masyarakat dalam menjaga bersama jembatan ini, terutama dalam hal pengelolaan sampah.

"Saya titipkan ke masyarakat juga, ini jalan bersama, tolong rawat bersama, terutama dengan sampah. Kejadian kemarin itu karena sampah yang tidak diurus, membuang sampah ke air, sehingga terjadi banjir," tandasnya

Lanjutnya, proyek ini diharapkan tidak hanya mempercepat akses masyarakat, tetapi juga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan wilayah tersebut, sambil memupuk kesadaran lingkungan yang lebih baik. 

Sementara itu Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Cicurug dan Cidahu atas dukungan luar biasa yang mereka berikan dalam pelaksanaan pembangunan Jembatan Cicewol yang sudah rampung dan diresmikan pada Minggu (03/09/2023).

Wawan Godawan, menggarisbawahi bahwa kesuksesan pembangunan jembatan ini tidak mungkin tercapai tanpa partisipasi aktif dan pemahaman mendalam dari lapisan masyarakat setempat.

"Saya barangkali ucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat kecamatan Cicurug dan Cidahu yang sudah membantu atas suksesnya pelaksanaan pembangunan Jembatan Cicewol. Artinya tanpa dukungan mereka ini, percepatan tidak seperti sekarang," ungkapnya kepada sukabumiupdate.com

Ia juga memuji peran masyarakat yang luar biasa dalam menghadapi perubahan arus lalu lintas dan penutupan jalur yang diperlukan selama proses pembangunan. Pemahaman dan kerjasama masyarakat setempat menjadi kunci sukses dalam menjalankan proyek ini tanpa hambatan berarti

"Harapannya pembangunan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kecamatan Cicurug dan Cidahu," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Berdasarkan hasil peninjauan, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Sukabumi Wawan Godawan memastikan dari sisi struktur jembatan semuanya sudah terpenuhi.

Wawan menuturkan, pembangunan Jembatan Cicewol ini bisa terlaksana atas bantuan pendanaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui hibah rekonstruk rehabilitasi dan rekonstruksi(RR) (Rawin Cking). 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • lr Good Mundur Gunawan, Jembatan Ciceuwol di Jalan Kelas lll Kekuatan Kelas l

Trending Now

Iklan