Irigasi Retak Akhirnya Longsor, Dampak Dari Kemarau Panjang di Kabandungan Sukabumi

Redaksi
Jumat, 15 September 2023 | 12:58 WIB Last Updated 2023-09-15T06:06:23Z

TERBIT. ID I Sukabumi - Sebuah irigasi Jaya Mekar yang berada di wilayah sawah garung Parigi, dan kebon Anil Kampung Parigi, Desa Cipeutey, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengalami longsor, Jumat (15/09/23). 

Tim Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Sukabumi  melalui Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kabandungan Yusuf Kamaludin mengatakan, bahwa sepadan irigasi yang retak dan akhirnya longsor ini dampak dari kemarau panjang yang terjadi akhir- akhir ini. 

"Iya, irigasi Jaya Mekar yang longsor ini dengan panjang sekitar 20 meter dan Tinggi 15 meter terjadi sekitar pukul 20.00 WIB," ujarnya kepada Terbit.id.

Selanjutnya, dengan longsornya irigasi tersebut berdampak pada tujuh kedusunan di Desa Cipeutey terancam kesulitan air untuk kebutuhan penduduk baik untuk pengairan sawah maupun kolam dan lainnya. 

"Selain di Desa Cipeutey dampak kekeringan tersebut akan terasa  sampai ke wilayah Desa Tugubandung," jelasnya. 

P2BK Kabandungan telah melakukan asessment kejadian dan sudah berkoordinasi bersama perangkat Desa, Kecamatan, Koramil serta Polsek, Tagana guna melakukan upaya penanganan sementara. 

"Sementara kebutuhan material yang di perlukan berupa karung 2000 buah serta pipa paralon 8 inc dan 6 inci sebanyak 25 batang serta menunggu pembangunan kembali TPT Irigasi dari Dinas terkait," pungkasnya. 



Reporter : Us
Redaktur : R Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Irigasi Retak Akhirnya Longsor, Dampak Dari Kemarau Panjang di Kabandungan Sukabumi

Trending Now

Iklan