GMNI Sukabumi Raya Pertanyakan Pembangunan SMAN 1 Kalapanunggal di Lahan HGU PTPN VIII

Redaksi
Kamis, 29 Juni 2023 | 08:43 WIB Last Updated 2023-06-29T01:46:19Z


TERBIT.ID I Sukabumi - Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sukabumi Raya soroti pembangunan SMAN 1 Kalapanunggal yang di bangun dilahan hak guna usaha (HGU) PTPN VIII Sukamaju di Desa/Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Ketua GMNI sukabumi Raya Anggi Fauzi mengatakan, bahwa didalam pasal 28 PP nomor 18 Tahun 2021 dilarang mendirikan bangunan permanen diatas lahan HGU. Terlebih di area lahan tidak terpasang papan informasi yang menyatakan bahwa lahan tersebut adalah HGU milik PTPN VIII. Ini sudah menyalahi aturan.

"Saya pertanyakan kepada pihak-pihak yang ikut dan turut serta membangun sekolah tersebut, apakah sudah memenuhi aturan-aturan yang berlaku. Karena, didalam pasal 28 PP nomor 18 Tahun 2021 dilarang mendirikan bangunan permanen diatas lahan HGU," Jelas Anggi Fauzi, Rabu (28/06/2023).

Gedung tersebut telah dibangun dilahan HGU milik PTPN VIII Sukamaju atas dasar kerjasama/MOU antara kedua belah pihak dengan status lahan sewa per 5 tahun dengan adanya kompensasi pembayaran. Selain itu juga menyisikan pertanyaan semua kalangan masyarakat.


Lanjut Anggi, bahwa dirinya menduga kuat bahwa lahan HGU PTPN VIII Sukamaju yang hari ini sedang di bangun gedung permanen tidak memiliki sertifikat HGU, dan juga diduga tidak mengantongi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) sedangkan pembangunan sudah berlangsung.

"Saya sepakat bahwa mencerdaskan kehidupan bangsa harus di junjung tinggi dan didorong oleh sarana pendidikan yang jelas. Tapi kenapa jika pembangunan sarana pendidikan ditumpang dengan kepentingan pribadi atau kelompok sehingga terjadi penyalahgunaan wewenang terhadap aturan, maka itu disebut pembodohan," Tegasnya.

Anggi pun mendesak PTPN VIII mencabut kerjasama sewa lahan dengan KCD V dan mendesak Dinas pendidikan provinsi jawa barat menentukan lahan yang statusnya jelas untuk sarana pembangunan gedung SMAN 1 Kalapanunggal.

Dikabarkan sebelumnya, Kepala cabang dinas pendidikan wilayah V telah melakukan peletakan batu pertama pada Jumat 16 juni 2022 untuk Pembangunan gedung SMAN 1 Kalapanunggal.



Reporter.     : CR 1.
Redaktur:    :  Us. 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • GMNI Sukabumi Raya Pertanyakan Pembangunan SMAN 1 Kalapanunggal di Lahan HGU PTPN VIII

Trending Now

Iklan