84,80 Persen Pembebasan Tanah Tol Bocimi Seksi 3 Kata Kepala BPN

Redaksi
Rabu, 21 Juni 2023 | 10:16 WIB Last Updated 2023-06-21T03:23:07Z


TERBIT.ID I Sukabumi - Progres tahapan pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 3, kini sudah mencapai luasan sekitar 84.80 persen dan Pemerintah sudah menggelontorkan anggaran mencapai teiliunan rupiah untuk pembebasan lahan Tol Bocimi Seksi 2 sampai Seksi 3 ini. 

Kepala Seksi Pengadaan Tanah dan Pengembangan pada Kantor Agraria Tata Ruang – Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kantah Kabupaten Sukabumi, Sugama Putra mengatakan, bahwa sampai saat ini progres pembebasan luas lahan untuk pembangunan jalan tol seksi 3 yang telah dilaksanakan  oleh Pelaksana Pengadaan Tanah (P2T) sudah mencapai sekitar 84,80 persen.


"Iya,yang semua ini meliputi tanah perseorangan, tanah badan usaha, dan tanah karakteristik khusus dan kami targetkan pembebasan lahan untuk pembangunan Jalan Tol Bocimi Seksi 3 ini, bisa rampung atau selesai pada tahun ini," Ujarnya kepada terbit.id Selasa (20/06/2023).


Lanjutnya, dari 15,20 persen luas lahan yang belum dibebaskan untuk pembangunan jalan Tol Bocimi Seksi 3 ini, seluruh berkas yang memenuhi syarat sudah diajukan kepada Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). 


"Mengenai tanah karakteristik khusus, seperti tanah instansi, tanah wakaf, dan TKD, sedang dalam proses perizinannya yang ditangani oleh PPK/PUPR ,Kita optimis pembebasan tanah on track dan mudah-mudahan sebelum Desember 2023 ini sudah bisa rampung semua," ungkapnya. 


Menurutnya, untuk mensukseskan pembebasan lahan yang rencananya akan dibangun Jalan Tol Bocimi ini, BPN Kabupaten Sukabumi terus berupaya semaksimal mungkin dalam memfasilitasi masyarakat. 


"Ini memang perlu dilakukan karena ada beberapa persoalan yang harus diselesaikan agar pembebasan lahan tersebut bisa dilakukan dengan baik, seperti persoalan masalah sengketa kepemilikan," ungkapnya. 


Pihaknya akan memfasilitasi upaya penyelesaian masalah kepemilikan tanah dengan memediasi masyarakat yang bersangkutan,hasil mediasi seperti itu yang di harapkan. Sehingga, bisa tercapai kesepakatan win-win solution. 


"Untuk pembebasan lahan pada seksi 3 ini, terdapat 15 Desa yang tersebar di 6 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi. Diantaranya, Kecamatan Nagrak berada di Desa Cisarua dan Desa Balekambang. Sementara, untuk di Ciambar ada di Desa Munjul dan di Kecamatan Cibadak berada di Desa Karangtengah dan Desa Cihelangtonggoh,"bebernya.


Sedangkan untuk di Kecamatan Caringin berada di Desa Cijengkol, Mekarjaya dan Desa Talaga dan untuk wilayah Kecamatan Cicantayan berada di Desa Lembursawah, Cijalingan, Cisande, Cimahi serta untuk Kecamatan Cisaat berada di daerah Desa Kutasirna, Cibolang Kaler dan Desa Selajambe.


"Jadi, untuk jalan tol seksi 3 ini luas lahannya ada sekitar 1.333.267 meter persegi, dengan target bidang tanah sebanyak 2.424 bidang tanah, Sedangkan Mengenai anggaran untuk jalan tol seksi 3 sampai saat ini sudah menghabiskan uang negara sebesar Rp857.859.438.079, sehingga kalau ditotalkan besaran anggaran untuk pembebasan lahan untuk pembangunan Jalan Tol Bocimi seksi 2 sampai seksi 3, telah menghabiskan anggaran hampir sekitar Rp1,7 Triliun," pungkasnya.




Reporter : Us
Redktur   : R Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 84,80 Persen Pembebasan Tanah Tol Bocimi Seksi 3 Kata Kepala BPN

Trending Now

Iklan