Deklarasi Satgas BNN DesaTenjolaya Berbasis IBM Begini Kata Ade Suryaman

Redaksi
Kamis, 11 Mei 2023 | 12:25 WIB Last Updated 2023-05-11T05:36:58Z


TERBIT.ID I Sukabumi - Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman menghadiri kegiatan deklarasi Satgas BNN melalui Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) Desa Tenjolaya, bertempat di aula Kantor Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Kamis (11/05/23). 

Ade Suryaman mengatakan, bahwa kegiatan hari ini dalam rangka fasilitasi adovakasi program ketahanan anti narkoba berbasis sumber daya pembangunan desa tahun 2023 bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sukabumi. 

"Iya, Desa Tenjolaya ini akan di jadikan desa percontohan untuk kegiatan Satgas BNN di Kabupaten Sukabumi, mengingat hanya 2 desa di Kabupaten Sukabumi yang dijadikan contoh yaitu Desa Tenjolaya Kecamatan Cicurug dan Desa Cibatu Kecamatan Cisaat melalui program IBM ini, " ujarnya kepada terbit.id.

Lanjutnya, dengan 2 Desa ini mudah - mudahan bisa menjadi Desa percontohan di Kabupaten Sukabumi yang bebas dan bersih dari narkoba. 

"Untuk itu saya percayakan Satgasnya kepada Kepala Desa sesuai dengan misi dan visi Kepala Desa Tenjolaya yaitu ingin desanya bersih dan bebas dari narkoba," ungkapnya. 

Menurutnya, mengingat bahwa wilayah Kecamatan Cicurug masyarakatnya memang cukup padat, biasanya rawan permasalahan terutama mengenai bahaya narkoba. 

" Bahwa narkoba itu sangat berbahaya bagi kesehatan, Kejiwaan bahkan kematian, bahkan tadi disampaikan oleh Ketua BNN Kabupaten Sukabumi, bahwa 30 sampai dengan 50 orang menjadi korban penyalahgunaan narkoba," pungkasnya. 

Ditempat yang sama Ketua Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sukabumi, M. Retno Daru Dewi mengatakan, bahwa Desa Tenjolaya ini dipilih oleh BNN pusat karena hasil dari penelitian dari BNN bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). 

"Jadi bahwa Desa Tenjolaya ini harus di intervensi terkait sosialisasi P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba)," bebernya. 

Lanjutnya, bahwa pihaknya telah melakukan 6 kali pembekalan pencegahan dan pemberdayaan masyarakat kepada Tim Satgas BNN Desa Tenjolaya ini terkait program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM). 

"Jadi buat para pencandu narkoba tingkat keparahannya ringan sudah bisa direhabilitasi di desa ini melalui agen pemulihan Satgas BNN Desa Tenjolaya,sehingga melalui program IBM ini bisa menurunkan tingkat penyalahgunaan narkoba," pungkasnya. 

Sementara itu Kepala Desa Tenjolaya Amat Hidayat mengatakan, bahwa sesuai dengan harapan dalam misi dan visi bahwa di Desa Tenjolaya harus bebas dan bersih dari Narkoba. 

"Saya berharap warga masyarakat khususnya di Desa Tenjolaya bisa bebas dari bahaya Narkoba, semoga kegiatan pembentukan Satgas BNN di Desa Tenjolaya bisa di ikuti oleh Desa- Desa Lain yang ada di Kecamatan Cicurug," singkatnya. 




Reporter  : Us
Redaktur : R Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Deklarasi Satgas BNN DesaTenjolaya Berbasis IBM Begini Kata Ade Suryaman

Trending Now

Iklan