Nelayan Hilang Tersambar Petir di Laut Muara Cikaso Sukabumi

Redaksi
Kamis, 11 Mei 2023 | 13:06 WIB Last Updated 2023-05-11T06:08:49Z


TERBIT.ID I Sukabumi - Seorang nelayan bernama Gunawan (35) warga Kampung Ciroyom, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, dikabarkan hilang di wilayah perairan Tegalbuleud, tepatnya di Pantai Muara Cikaso, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuled, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Kamis (11/05/23) sekitar pukul 06.45 WIB.

Kapolres Sukabumi Akbp Maruly Pardede melalui Kasi Humas Polres Sukabumi Iptu Aah Saepul Rohman mengatakan, berdasarkan laporan dari Polsek Tegalbuleud, peristiwa tersebut bermula saat Gunawan bersama temannya bernama Idoy pergi melaut menggunakan kapal ikan merk Rivia Puteri 05 pada Rabu (10/05/23) sekira pukul 15.30 WIB.

"Sekitar pukul 19.15 WIB, pada saat sedang mencari ikan, tiba-tiba cuaca berubah menjadi mendung dan terjadi hujan lebat di tengah laut," ujarnya kepada terbit.id.

Lanjutnya, saat kejadian terjadi  kondisi perahu berada sekitar 10 kilometer diperairan arah timur dari Dermaga SBP, kemudian kapal yang mereka gunakan untuk menangkap ikan tersambar petir sehingga korban yang bernama Gunawan jatuh ke laut dan hilang tenggelam.

"Iya,menurut keterangan Idoy yang merupakan ABK dari kapal itu, saat kejadian cuaca dilaut mendung tebal. Dan tiba-tiba turun hujan deras disertai petir, langsung menghantam korban. Kemudian terjatuh kelaut hilang tenggelam sedangkan ABK berhasil sandar di Dermaga SBP,"ungkapnya.

Berdasarkan pemeriksaan keterangan saksi,kapal yang mereka gunakan merupakan jenis Cengkareng dengan muatan alat tangkap ikan dan logistik.

"Kapal tersebut merupakan milik Jamaludin asal warga Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuled. Untuk Info sementara, smpai saat ini kapalnya sekarang masih hanyut di tengah laut," bebernya.

Setelah mendapatkan laporan tersebut, Polsek Tegalbuleud, Polres Sukabumi, langsung melakukan koordinasi dengan Tim SAR Gabungan terdiri dari Polsek Tegalbuled, Koramil 0622-12/Tegalbuleud, BPBD, HNSI Kecamatan Tegalbuleud dan relawan lainnya, untuk melakukan upaya evakuasi korban yang selamat.

"Petugas gabungan terus memberikan imbauan agar para nelayan lebih meningkatkan kewaspadaan dengan kondisi cuaca buruk yang terjadi di wilayah perairan lautan lepas Selatan Sukabumi,Petugas masih melakukan upaya pencarian terhadap korban hilang tenggelam tersebut dan korban sampai saat ini belum diketemukan,"pungkasnya. 




Reporter : Us
Redaktur : R Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Nelayan Hilang Tersambar Petir di Laut Muara Cikaso Sukabumi

Trending Now

Iklan