Antisipasi Arus Wisata Polres Sukabumi Siapkan Rekayasa Lalin

Redaksi
Jumat, 21 April 2023 | 19:00 WIB Last Updated 2023-04-21T12:01:15Z


TERBIT.ID I Sukabumi - Antisipasi arus wisatawan pada H+1 lebaran 1444 H Jajaran Polres sukabumi persiapkan rekayasa arus lalu lintas di jalur selatan untuk menghindari kemacetan. 

Hal tersebut disampaikan Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede saat di Pos Terpadu di exit tol Sundawenang, Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat,(21/4/2013).

" Yang pertama kami arahkan para pengunjung, para wisatawan yang akan menuju Palabuhanratu kami arahkan melalui jalur warung kiara jadi tidak ada yang melalui jalur Cikidang," Jelas Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede. 

Lebih lanjut Maruly, kemudian dari jalur warung kiara semuanya kita tarik dari pagi hingga sore yaitu menuju ke Tempat Pelelangan Ikan(TPI), Palabuhanratu, Citepus sampai dengan Karang hawu sepanjang pantai di seputaran pantai di Palabuhanratu Cisolok dan Cikakak. 

Untuk antisipasi arus wisata khususnya pada H+1 lebaran Polres Sukabumi sudah melaksanakan persiapan atau rekayasa lalu lintas di jalur selatan. 

" kami arahkan kepada para wisatawan mulai pagi sampai sore yang akan menuju Pelabuhanratu kami arahkan hanya melalui jalur Warung Kiara jadi tidak ada lagi melalui jalan Cikidang nanti yang dari arah Warungkiara kita tarik menuju TPI Pelabuhanratu, Pantai Citepus sampai Karang Hawu sepanjang pantai seputaran Pelabuhanratu," Bebernya.

Untuk sore hari arus kembali dari arus wisata kami akan berlakukan one way kembali dari mulai perbatasan pantai Sawarna, Pantai Cibangban, Pantai Karang Hawu, semuanya kami satu arahkan kembalinya melalui jalur simpang gunung butak. 

" Begitupun sebaliknya dari arah Pelabuhanratu kita arahkan masuk gunung butak ke Cikidang, semua arus balik di seputaran pantai kita arahkan kembalinya menuju arah Cikidang harapannya dengan kita adakan rekayasa arus lalu lintas ini tidak ada pertemuan antara arus datang maupun yang mau pulang sehingga tidak ada stuck seperti kejadian tahun-tahun sebelumnya," Paparnya. 

Lebih lanjut Maruly, Untuk keseluruhan personil sebanyak 1.251 gabungan, Polres 450 Personil BKO Brimob 1 Kompi, BKO Ditpolair untuk menjaga sepanjang pantai di Kabupaten Sukabumi, Dishub, Pol PP, Balawista dan seluruh stakeholder terkait sehingga total personil 1.251 personil," Paparnya. 

Jadi untuk jalur Cikidang selain hanya untuk arus kembali yang boleh melintasi jalur Cikidang hanya kendaraan-kendaraan kecil tidak boleh kendaraan besar, diseputaran simpang atau tanjakan leter S kami dirikan 1 pospam dan disiapkan mobil derek kemudian bengkel dengan harapan apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan bisa segera ditindaklanjuti.

" Untuk jalur kedatangan akan membludak dari pagi sampai siang hari jadi kita one way hanya melalui Jalur Warung Kiara, apabila sore hari sudah banyak yang akan kembali kita arahkan melalui Pertigaan Gunung Butak naik ke atas Jalur Cikidang," Ungkapnya. 

"Kami himbau untuk para pengemudi tidak membawa penumpang menggunakan kendaraan bak terbuka, kalaupun ada yang lewat jalur Cikidang tidak akan kami lewatkan karena cukup berbahaya kami akan berikan jalur ke kiri sehingga tembusnya melalui jalur Warung Kiara," Terang Maruly. 

Maruly menghimbau, bagi masyarakat yang akan berwisata ke seputaran Pelabuhanratu silahkan cek kesiapan kendaraan masing-masing apakah remnya, mesin, stamina drivernya juga harus siap untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,"Pungkasnya. (R.Cking). 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Antisipasi Arus Wisata Polres Sukabumi Siapkan Rekayasa Lalin

Trending Now

Iklan