KWH Listrik Konsleting Nyaris Membakar Bakar Puskesmas Cicurug Sukabumi

Redaksi
Jumat, 31 Maret 2023 | 13:02 WIB Last Updated 2023-04-01T05:25:02Z


TERBIT.ID I Sukabumi - Sebuah KWH mekanik listrik Puskesmas Cicurug hangus terbakar diduga akibat adanya Konsleting arus listrik, tepatnya di depan Gedung kantor Puskesmas Cicurug, Kel/Kec Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat, (31/03/23) sekitar pukul 10.40 WIB. 

Wakil Komandan peleton (Wadanton) posko wilayah III Damkar Kecamatan Cicurug, Dicky Harudin mengatakan, setelah mendapat laporan dari pihak Puskesmas Cicurug adanya kebakaran dengan cepat pihaknya langsung menuju lokasi TKP yang jaraknya memang tidak jauh. 

"Iya, tindakan pertama yang dilakukan karena ini berkaitan dengan listrik, maka kami gunakan penyemprotan awal dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)," ujarnya kepada terbit.id.

Lanjutnya, karena sudah beberapa APAR digunakan, namun api tidak bisa dipadamkan karena arus listrik terus menyala akhirnya pemadaman menggunakan penyiraman unit mobil pemadam kebakaran. 

"Alhamdulillah, sekitar pukul 10.51WIB  akhirnya api bisa dipadamkan," pungkasnya. 

Sementara itu menurut Hardi selaku therapis gigi Puskesmas Cicurug menuturkan, awalnya ketika ia berjaga di poli gigi sebelum kejadian ini terdengar  bunyi letusan sehingga lampu di poli gigi pun ikut mati. 

"Kemudian saya mengeceknya ternyata melihat para pasien teriak- teriak berlarian keluar," kata dia. 

Lanjutnya, setelah itu dirinya melihat kobaran api di KWH listrik menyala, spontan ia teriak dan bergegas mengevakuasi para pasien dengan menggunakan jalur evakuasi. 

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya pelayanan Puskesmas sempat terhenti," pungkasnya. 

Petugas lapangan PLN Cicurug Asep Sutirjo (Ajo) mengatakan, kejadian konsleting KWH listrik tersebut diduga akibat adanya terminal yang kendor sehingga adanya percikan api yang membakar kabel tersebut. 

"Kalau dari adanya beban daya yang tidak seimbang mungkin ini sudah cukup kapasitasnya, hanya mungkin ada yang kendor dari sambungan atau terminalnya,"ujarnya.

Menurutnya, untuk sementara menunggu perbaikan dari pihak PLN maka pihak Puskesmas Cicurug menggunakan Genset untuk menyalakan listrik gedung Puskesmas Cicurug. 

"iya, sambil menunggu perbaikan kita gunakan genset terlebih dahulu," pungkasnya. 


Reporte    : Us
Redaktur  : M. Fais
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KWH Listrik Konsleting Nyaris Membakar Bakar Puskesmas Cicurug Sukabumi

Trending Now

Iklan