Festival Durian di Kalapanunggal Sukabumi Cicurug Pamerkan Produk Unggulan EPT

Redaksi
Selasa, 14 Februari 2023 | 09:31 WIB Last Updated 2023-02-18T11:33:34Z

TERBIT ■ Sukabumi - Bupati Sukabumi membuka kegiatan festival durian ke 2 yang diselenggarakan di Agro Wisata Kampung Babakan Jayawangi, Desa Gunung Endut, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, Senin (13/02/2023). 

Salah satu stand yang dikunjungi Bupati adalah stand hasil produksi kelompok tani hutan giri catur Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug yaitu dengan memamerkan produk unggulan warga masyarakat Cicurug. 

Camat Cicurug Ading Ismail mengatakan, pada kegiatan festival durian ini pihaknya turut serta memamerkan produk hasil UMKM wilayah kecamatan Cicurug yaitu dari Desa Kutajaya. 

"Produk unggulan yang di pamerkan yaitu Extarct Propolis Trigona Halimun Salak (EPT HELISA) hasil produksi kelompok tani hutan Giri Catur dari Desa Kutajaya," ujarnya kepada terbit.id.

Dengan menampilkan produk unggulan UMKM dari Kecamatan Cicurug, pihaknya juga mengaku senang atas kunjungan Bupati ke stand ini, ternyata Bapak Bupati sangat antusias terhadap banyaknya para pelaku UMKM yang ada di wilayah Sukabumi. 

"Ini untuk lebih meningkatkan semangat dalam mengembangkan usahanya sehingga peningkatan ekonomi di masyarakat pun akan lebih baik," pungkasnya. 

Sementara itu menurut ketua kelompok tani Hutan Giri Catur Desa Kutajaya Ridwan mengatakan, Bahwa usaha pengembangan budi daya tawon Trigona (teuweul) ini dimulai sejak tahun 2020, bertempat di Kampung pasir kalapa RT 01/06 Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug. 

"Alhamdulillah sampai saat ini produksi madu trigona (teuweul) ini sudah menghasilkan 150 botol perbulannya dan untuk pemasarannya sudah ada ke luar daerah,"ujarnya. 

Menurutnya, propolis EPT HELISA ini dihasilkan 100 % dari bahan alami dari lereng hutan Gunung Salak, yang  mengandung lebih dari 300 senyawa. Beberapa di antara resin, balsam, minyak aromatik, serbuk sari, dan bahan organik lainnya. 

"Khasiat propolis EPT Halisa di antaranya yaitu, membantu mengatasi masalah asam lambung dan maag kronis, mengatasi asam urat, Rematik, dan nyeri sendi, mengatasi permasalahan kulit seperti, gatal, kurap, borok, budug, infeksi jamur, jerawat, babak serta yang lainnya,"bebernya.

Selain itu propolis EPT HELISA ini dapat nempercepat proses penyembuhan berbagai jenis luka pada kulit, mengatasi pilek, batuk, sinusitis, sakit radang tenggorokan, bau mulut dan sariawan, mencegah penyakit kanker dan tumor. 

"Juga nengatasi infeksi telinga ( seperti telinga berair, telinga bernanah ), mengatasi masalah jantung, menurunkan tekanan darah tinggi serra membantu menyembuhkan penderita diabetes," bebernya. 

Lanjutnya, dirinya berharap dengan adanya moment seperti ini, pengenalan dan pengembangan UMKM budi daya trigona ini bisa berkembang pesat. 

"Utamanya dapat membuka pangsa pasar propolis EGT HELISA di masyarakat, "pungkasnya, (Us). 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Festival Durian di Kalapanunggal Sukabumi Cicurug Pamerkan Produk Unggulan EPT

Trending Now

Iklan