3 Wisatawan Tenggelam di Wisata Danau Situ Gunung Sukabumi Ditemukan

Redaksi
Minggu, 01 Januari 2023 | 20:09 WIB Last Updated 2023-01-03T14:56:02Z
TERBIT.ID | SUKABUMI — Musibah tenggelamnya tiga wisatawan di Kawasan Wisata Situ Gunung, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Minggu (01/01/2022) sekitar pukul 11.00 WIB, Dua orang dinyatakan sudah meninggal dunia. 


Hasil informasi yang dihimpun terbit.id Kepala Kantor SAR Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) Fazzli mengatakan, sebanyak 17 orang wisatawan sedang menyewa rakit yang disediakan di tempat wisata tersebut, namun saat di tengah perjalanan seorang wisatawan yang bernama Benthar Kutanagara (28 tahun ) menceburkan dirinya ke situ tersebut untuk berenang.

"Lama tidak terlihat lalu kemudian dinyatakan tenggelam, sehingga rekannya bernama Nandi (24 tahun) dan Elvin (24 tahun) kemudian melakukan upaya penyelamatan terhadap rekannya tersebut," ujarnya, Minggu,(1/1/2023). 

Namun karena kurangnya kemampuan mereka berenang sehingga menyebabkan keduanya ikut tenggelam juga,namun Satu orang yang bernama Elvin berhasil dievakuasi oleh pengemudi rakit wisata dengan keadaan selamat,  namun kedua rekannya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

"Korban atas nama Nandi (24 tahun) ditemukan sekitar pukul 11.15 WIB sedangkan korban atas nama Benthar Kutanagara (28 tahun ) ditemukan pada pukul 16.12 WIB, Keduanya ditemukan sudah meninggal dunia," ungkapnya. 

Lanjutnya, Tim SAR gabungan melakukan pencarian serta mengevakuasi semua korban baik dalam keadaan selamat maupun dalam kondisi meninggal  untuk dievakuasi menuju RS Beta Medica Sukabumi.

Fazzli juga mengungkapkan turut berbelasungkawa atas musibah yang dialami korban dan menegaskan agar seluruh wisatawan memperhatikan faktor keselamatan apabila sedang mengunjungi objek wisata. 

"Kepada pengelola wisata juga agar selalu mengingatkan para wisatawan supaya kejadian ini tidak terulang kembali," benernya. 

Sebelumnya puluhan personil SAR gabungan dikerahkan dalam upaya pencarian dengan melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian menggunakan perahu karet. 

"Dari unsur SAR gabungan di libatkan dalam evakuasi korban yaitu terdiri dari Pos SAR Sukabumi, Polsek Cisaat, Koramil Cisaat, Polres Kota Sukabumi, BPBD Kab.Sukabumi, IEA Sukabumi, SAR Khatulistiwa, Pramuka Peduli Kab.Sukabumi, Relawan Doa, Sehati Gerak Bersama, dan masyarakat, "pungkasnya.

Reporter : Us/Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 3 Wisatawan Tenggelam di Wisata Danau Situ Gunung Sukabumi Ditemukan

Trending Now

Iklan