Mahasiswa Soroti Pengerjaan Pembangunan Tugu Adipura Kota Sukabumi yang Dinilai Lambat

Redaksi
Kamis, 15 September 2022 | 19:49 WIB Last Updated 2022-09-15T15:20:55Z

TERBIT.ID | Sukabumi - Progres pembangunan Bundaran Tugu Adipura yang berada di simpang empat Jalan RE Martadinata, Suryakencana, Perintis Kemerdekaan, dan Veteran di soroti mahasiswa yang tergabung dalam Poros Mahasiswa Revolusioner Sukabumi (PMRS). Pasalnya, mahasiswa menganggap progres pembangunannya dinilai lambat sehingga tidak mengindahkan pemandangan.

Ketua PMRS, Dede Nuryana, mengatakan proses pembangunan Tugu Adipura tersebut ditargetkan selesai dalam waktu 60 hari kerja, yang terhitung mulai dari peretengahan Juli 2022. Namun sampai saat ini, mendekati 60 hari kerja proses pembangunannya masih belum selesai.

"Kami menilai proses pengerjannya ini tidak serius, mentang-mentang menggunakan anggaran CSR Yogya, seharusnya tidak bisa seperti itu, ya tetap harus di selesaikan sesuai target," ujar Dede, kepada wartawan, Kamis,(15/9/2022).

Setiap pembangunan itu tentu ada konsultannya. Maka dari itu, kata Dede, perlu di pertanyakan juga kepada konsultan atau pengembangnya terkait target pencapaian mingguan atau bulanannya.

"Perlu di pertanyakan juga, target pencapaian mingguan atau bulanannya ini saya rasa tidak pernah tercapai, sehingga membuat penggerjaan ini lambat," tandasnya.

Ditemui terpisah, Kabid Tata Bangunan, Jasa Konstruksi dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi, Muhammad Sahid, mengatakan anggaran yang digunakan untuk pembangunan Tugu Adipura tersebut senilai Rp 400 juta, rinciannya dari CSR Yogya Rp200 juta, dan dari APBD Rp200 juta.

"Tugu Adipura itu ada dua pendanaan, dari CSR Yogya dan APBD. Untuk yang CSR Yogya bukan kami yang melaksanakannya, tapi ada forum CSR Kota Sukabumi yang melaksanakannya. Kalau pelaksanaannya itu 60 hari sampai pertengahan September ini," jelasnya.

Saat ini, kata Sahid, anggaran proses pengerjaan Tugu Adipura itu dari CSR Yogya. Sedangkan anggaran dari APBD belum diketuk palu.

"Yang sementara ini dilaksanakan adalah CSR Yogya, tapi yang APBD belum, karena APBD-nya juga baru mau diketuk palu, baru paripurna, jadi belum yang APBD itu," paparnya.

Disinggung mengenai persentase proses pengerjaan Tugu Adipura, sambung Sahid, berdasarkan informasi yang pihaknya terima bahwa saat ini prosesnya sedang berjalan. Diharapkan pembangunannya selesai sesuai target.

"Kalau secara persentase kami tidak tahu, tapi saya dapat infomasi udah on progres. Kalau saya lihat ke lapangan sebelumnya udah on progres gitu, mudah-mudahan ya sesuai target di pertengahan bulan ini selesai," pungkasnya. (Boy). 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa Soroti Pengerjaan Pembangunan Tugu Adipura Kota Sukabumi yang Dinilai Lambat

Trending Now

Iklan